Ahad 08 Jun 2014 19:42 WIB

Debat Jadi Ajang Rebut Swing Voters

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Joko Sadewo
Mahfud MD
Foto: Twitter
Mahfud MD

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pasangan capres-cawapres akan menjalani agenda debat pertama menghadapi Pemilu Presiden/Wakil Presiden, Senin (9/6). Debat pertama ini mengambil tema pembangunan demokrasi, pemerintahan yang bersih, dan kepastian hukum.

Ketua Tim Pemenangan Nasional pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Mahfud MD menilai agenda debat itu akan dapat memengaruhi kalangan menengah dan juga swing voters (pemilih mengambang). "Swing voters itu bisa direbut melalui perdebatan," kata Mahfud di Rumah Polonia, Jakarta Timur, Ahad (8/6).

Berdasarkan hasil beberapa survei, Mahfud mengatakan, jumlah swing voters masih cukup banyak. Ia mengatakan, ada yang menyebut kisarannya 20-40 persen. Sementara hasil survei mengenai elektabilitas kedua pasangan calon, menurut Mahfud, tidak lebih dari sekitar tiga persen. Baik yang menyatakan Prabowo di atas atau pun di bawah Joko Widodo (Jokowi). Karena itu, Mahfud menilai perlunya merebut suara swing voters. "Sehingga jadi penting swing voters itu," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Untuk menghadapi agenda debat sesi pertama, Mahfud mengatakan, Prabowo tidak melakukan persiapan khusus. Menurut dia, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu sudah terbiasa berdebat dan memimpin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement