Sabtu 31 May 2014 07:07 WIB

Anies Baswedan: Kampanye Hitam Rugikan Semua Pihak

Anies Baswedan
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru bicara pasangan bakal calon presiden-wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla, Anies Baswedan, menilai "kampanye hitam" merugikan semua pihak yang ikut dalam kontestasi Pemilu Presiden 2014.

"Kita harus melihat konteks bahwa saat ini ada dua pasangan capres cawapres. Kampanye hitam akan hanya akan merugikan semuanya, karena akan membuat masyarakat saling melihat di?antara keduanya. Jika yang diserang pasangan A maka pasangan B yang dilihat, begitu pula sebaiknya. Sehingga tak ada untungnya," kata Anies dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/5).

Ia juga menekankan bahwa bukan saatnya lagi melakukan kampanye hitam karena tugas pemimpin adalah mengirimkan pesan positif, bukan negatif. "Mari kita bawa budaya politik baru yang lebih positif. Masyarakat menginginkan pemimpin yang positif bukan yang menakutkan," kata rektor Universitas Paramadina,Jakarta itu.

Anies juga mengungkapkan bahwa pasangan Jokowi-JK tidak akan melakukan pembalasan terhadap kampanye negatif dengan cara yang sama.

"Kami konsentrasi pada pesan positif. Mengembalikan bukan dengan statemen tapi dengan tindakan. Sehingga dengan sendirinya kampanye hitam itu terbantahkan. Jadi kami tidak akan ikut-ikutan kampanye negatif," kata pelopor Gerakan Indonesia Mengajar itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement