Senin 21 Apr 2014 13:22 WIB

Pasrah Soal Cawapres, PKB Segera Deklarasi Koalisi dengan PDIP

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Joko Sadewo
Abdul Kadir Karding
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Abdul Kadir Karding

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tidak mempersoalan siapapun calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo (Jokowi) apabila mereka jadi melakukan kerjasama politik dengan PDIP.

PKB tidak keberatan meskipun posisi calon wakil presiden (cawapres) diisi tokoh eksternal PKB. "PKB tidak persoalkan siapa cawapresnya," kata Ketua DPP PKB, Abdul Kadir Karding, Senin (21/4).

Karding mengatakan PKB berharap cawapres Jokowi bisa diajak bekerjasama. Dan yang paling penting, cawapres yang diusung bisa meningkatkan elektabilitas suara capres-cawapres di pemilu presiden (pilpres) 2014. Bahkan PKB berharap pilpres bisa berlangsung satu putaran. "Kita harus realistis. Maju di pilpres untuk menang, bukan kalah," ujarnya

Sejauh ini PKB sudah menemui kata sepaham dengan PDIP soal format dan agenda pemerintahan mendatang. Deklarasi koalisi atau kerjasama politik kedua partai hanya tinggal menunggu waktu. "Komunikasi sudah berjalan intensif tinggal menunggu momentum," kata Karding.

Karding mengatakan seperti halnya PDIP, PKB juga ingin kerjasama politik yang dibangun antarpartai tidak didasarkan pada transaksi kekuasaan. Pemerintahan hanya akan berjalan efektif apabila didasarkan pada program, visi dan misi yang sama memecahkan persoalan bangsa. "Kami sepakat tidak mengedepankan proses dagang sapi, tapi pada kepentingan masyarakat secara umum. Orang nahdliyin dan marhaen di bawah banyak susah," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement