Sabtu 18 Jan 2014 10:44 WIB

Jelang Pemilu, RSJ Siapkan Kamar Khusus Caleg

Pemilu 2014 (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Andika Wahyu
Pemilu 2014 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan di Kota Pekanbaru, Riau menyiapkan belasan kamar khusus untuk melayani caleg yang depresi akibat gagal menjadi anggota legislatif pada pemilu mendatang.

"Setidaknya ada 10 kamar lebih yang disiapkan khusus," kata Juru Bicara RSJ Tampan, Donna di Pekanbaru, Sabtu (17/1).

Fasilitas kamar yang disiapkan untuk caleg stres jauh berbeda dari yang biasa. Rumah sakit menyiagakan ruangan VIP serta ruang utama, plus dokter kejiawaan untuk membantu proses pengawasan pasien khusus dari kalangan politisi.

Bahkan, di setiap kamar itu dilengkapi lemari pendingin dan televisi berwarna.

"Ini karena pasien dari caleg diperkirakan akan berbeda kasus dan penanganannya," katanya.

Selain itu, pasien dari politisi biasanya berasal dari kalangan berduit. Sehingga biasanya keluarga pasien memilih perawatan di ruangan kelas VIP.

Kendati memperoleh faslitas lebih, ujarnya, namun perawatan terhadap caleg stres tidak jauh berbeda dengan pasien umum lainnya. "Kami membantunya dengan terapi dokter yang disiapkan di rumah sakit," katanya.

Ia memperkirakan, jumlah caleg yang akan mengalami gangguan jiwa setelah pemilu bakal banyak. Karena itu, ia menyarankan caleg untuk memeriksakan kondisi psikologinya agar menghindari stres jika tidak terpilih.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement