Rabu 30 Jul 2014 06:11 WIB

Kiai Hasyim: Sikapi Perkara Pilpres dengan Makna Luhur Idul Fitri

Rep: Indah Wulandari/ Red: Agung Sasongko
Hasyim Muzadi
Foto: Antara
Hasyim Muzadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan ketua umum pengurus besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi menyerukan masyarakat Indonesia untuk kembali kepada makna luhur Idul Fitri dalam menyikapi perkara pilpres yang sudah masuk ke ranah Mahkamah Konstitusi (MK).

"Yang diperlukan adalah bukti dan pembuktian. Tidak memerlukan nafsu politik dan kegaduhan masyarakat. Kembalikan pada makna luhur idul fitri," kata Kiai Hasyim, Rabu (29/7).

Polarisasi pilpres tempo hari, ujarnya tidak boleh mengoyak silaturrahim kaum muslimin dan persaudaraan nasional. Politik, dalam pandangan Kiai Hasyim, harus untuk kepentingan agama, bukan agama untuk kepentingan politik. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam Malang dan Depok ini menegaskan, bahwa politik adalah alat yang tujuannya adalah keluhuran nilai agama.

"Kita harus berpolitik agama bukan beragama politik. Politik agama adalah politik yang bernafaskan nilai luhur agama. Sedangkan agama politik adalah politik yang mengorbankan agama asal politiknya nyampai," katanya.

Kaum muslimin diimbaunya, jangan sampai terjebak dalam strategi menghalalkan semua cara. "Idul Fitri kembali ke ahsani taqwim, yakni wujud makhluk Allah yang terluhur konstruksinya secara lahir batin," paparnya.

Umat Islam, tambahnya, dituntut menyempurnakan hubungannya kepada Allah tanpa melupakan penyempurnaan terhadap eksistensi dan peran sebagai makhluk sosial dengan segala pernik-pernik tata hubungan sosialnya. Namun, mewujudkan nilai luhur Idul Fitri dalam praktek kehidupan bermasyarakat dan berbangsa tidak mudah.

"Memang problem umat beragama bukanlah pada pemahaman agamanya tapi bagaimana memfaktakan ajaran itu dalam perilaku kemasyarakatan sehari hari," urai Kiai Hasyim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement