Kamis 17 Jul 2014 04:43 WIB

Jokowi-JK Raih 56,50 Persen Suara di Paser

Penghitungan suara
Penghitungan suara

REPUBLIKA.CO.ID,PASER--Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo -Jusuf Kalla memimpin perolehan suara di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, dengan meraih 65.438 suara atau 56,50 persen, sementara Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memperoleh 50.382 suara atau 43,50 persen.

Penetapan perolehan suara pemilu presiden itu disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilpres 2014 di Ballroom Grands Sadurengas Hotels, Rabu.

Rapat pleno itu dihadiri lima komisioner KPU, komisioner Panwaslu Paser, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan para saksi dari kedua pasangan calon presiden.

Dari data rekapitulasi yang dibacakan Ketua KPU Paser Eka Yusda Indrawan, pasangan nomor urut 2 itu memimpin perolehan suara di sembilan dari sepuluh kecamatan di Kabupaten Paser.

Sembilan kecamatan yang dikuasai pasangan capres Jokowi-JK antara lain Long Kali, Long Ikis, Kuaro, Batu Sopang, Muara Komam, Muara Samu, Pasir Belengkong, Batu Engau dan Tanjung Harapan.

Sementara pasangan Prabowo-Hatta hanya memimpin perolehan suara di kecamatan Tanah Grogot, Ibu Kota Kabupaten Paser, dengan perolehan suara 50,87 persen dan pasangan Jokowi-JK memperoleh suara 49,13 persen.

Sebelum penetapan rekapitulasi perolehan suara, masing-masing ketua PPK membacakan perolehan suara tingkat kecamatan secara bergilirian.

Sempat terjadi protes dari salah satu saksi pasangan capres ketika PPK Batu Sopang menyampaikan rekapitulasi perolehan suara.

Namun setelah dilakukan koreksi bersama antara KPU, Panwaslu dan para saksi akhirnya masalah tersebut dapat diselesaikan.

"Hanya kesalahan peng-input-an data logistik saja, tidak mempengaruhi hasil suara dan para saksi kedua capres juga menerima," ungkap Ketua KPU Paser Eka Yusda Indrawan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement