Selasa 15 Jul 2014 00:20 WIB

Pemungutan Suara Diulang, Prabowo Kehilangan Banyak Suara

Prabowo Subianto
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa serta Joko Widodo-Jusuf Kalla kehilangan puluhan suara akibat pemungutan suara ulang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 41 Kaliabang Tengah, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin.

Pantauan Antara dalam agenda penghitungan suara ulang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berlokasi di Perumahan Pondok Ungu Permai RT 01/RW 09 melaporkan pasangan Prabowo-Hatta kehilangan 54 suara dan Jokowi-JK kehilangan 33 suara dari agenda pemungutan suara 9 Juli 2014 lalu.

Hasil pemungutan suara ulang memperlihatkan selisih perolehan suara kedua pasangan ini juga mengalami pengurangan.

Pasangan Prabowo-Hatta mendulang 237 suara, sementara pesaingnya pasangan Jokowi-JK memperoleh sebanyak 184 suara dari total 739 pemilih di wilayah itu.

''Adapun pada penyelenggaraan sebelumnya, Rabu (9/7), perolehan suara kandidat nomor 1 sebanyak 291 suara, sedangkan pasangan nomor urut dua memperoleh 217 suara," kata Ketua KPPS TPS 41, Aidil Zaimi.

Hasil ini membuat selisih suara kedua pasangan menjadi lebih kecil dari semula 74 suara menjadi 43 suara.

Pemungutan suara di TPS ini terpaksa diulang setelah ditemukan 30 surat suara rusak yang memunculkan dugaan adanya kecurangan.

"Surat suara rusak itu dicoblos dua gambar kandidatnya. Pemilih tidak memprotes saat menerima surat suaranya sehingga bisa dikatakan panitia tidak memberikan surat suara rusak kepada mereka yang akan memasuki bilik," ucap Aidil.

Di TPS Ini, Prabowo Juga Kehilangan Banyak Suara

Sementara Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kasihan Bantul, Andreas Suratno, di Bantul, Senin, juga mengatakan ada tiga TPS yang menggelar pemungutan suara ulang pada Minggu (13/7) adalah TPS 3 Tambak, TPS 53 Sonopakis dan TPS 56 Sonopakis.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara di TPS 3 Tambak, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memperoleh 39 suara sementara Jokowi-JK mendapatkan sebanyak 153 suara.

Kemudian di TPS 53 Sonopakis, pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 93 suara sementara Jokowi-JK mendapatkan 185 suara. Pada pemungutan suara 9 Juli lalu, di TPS 53 Sonopakis pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 154 suara dan Jokowi-JK 218 suara. Itu berarti suara pemilih Prabowo-Hatta berkurang 54 suara.

Sedangkan, hasil pemilu ulang di TPS 56 Sonopakis pasangan nomor urut satu memperoleh 87 suara sementara pasangan nomor urut dua meraih 246 suara. Sebelumnya di TPS 56 pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 107 suara dan Jokowi-JK dapat 226 suara. Berarti suara pemilih Prabowo-Hatta di TPS ini berkurang 20 suara.

"Adapun daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 53 Sonopakis Lor berjumlah 388 jiwa, kemudian TPS 56 Sonopakis Lor dengan DPT 456 orang, dan TPS 3 Tambak dengan 455 jumlah DPT," kata Andreas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement