Rabu 14 May 2014 19:30 WIB

Megawati Kritik KPU

Megawati Soekarnoputri
Foto: antara
Megawati Soekarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri mengkritik kinerja Komisi Pemilihan Umum pada pileg. Karena ia melihat banyak laporan kecurangan yang masuk ke Mahkamah Konstitusi.

"Untuk menegakkan demokrasi yang benar di Indonesia harus ada empat langkah. Pertama, jangan KPU itu bermain dan curang, buktinya banyak itu laporan yang masuk ke MK," ujarnya di Jakarta, Rabu (14/5).

Megawati mengatakan hal itu dalam deklarasi koalisi PDI Perjuangan dengan Nasdem bersama PKB untuk mendukung Joko Widodo sebagai capres di kantor DPP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Kedua, katanya, intelijen jangan digunakan oleh seseorang untuk kepentingan pribadi mau pun kelompok. Melainkan digunakan untuk melindungi rakyat.

"Jangan intelijen itu bermain, karena saya tahu intelijen itu untuk melindungi negeri bukan untuk kepentingan orang mau pun kelompok," kata dia.

Selain itu, katanya, praktik politik uang terjadi secara masif dalam pileg yang lalu. Sehingga para simpatisan mau pun kader partai harus mengantisipasi adanya praktik itu di masyarakat.

"Terakhir, menyangkut IT, hasil perhitungan suara itu mudah untuk dimanipulasi," ujar dia.

Menurut dia, kalau segala kecurangan tersebut itu terjadi, justru keprihatinan yang ada di Indonesia pada abad 21 ini.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement