Rabu 09 Apr 2014 07:42 WIB

KPU Karangasem Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Hazliansyah
Petugas Logistik KPU Kota Yogyakarta menunjukkan surat suara yang rusak di Gudang Pengelolaan Logistik Pemilu Kota Yogyakarta, Jumat (7/3).
Foto: Antara/Noveradika
Petugas Logistik KPU Kota Yogyakarta menunjukkan surat suara yang rusak di Gudang Pengelolaan Logistik Pemilu Kota Yogyakarta, Jumat (7/3).

REPUBLIKA.CO.ID, AMLAPURA -- Seluruh logistik pemilu di Karangasem, Bali, sudah terdistribusi ke seluruh TPS. Divisi Humas KPU Kabupaten Karangasem Ngurah Gede Maharjana mengatakan, distribusi logitik pemilu ini bahkan sudah mencapai desa-desa terpencil di kaki Gunung Agung.

Begitu pula dengan logistik pemilu di desa Tengana, Bali Age. Seluruh logistik telah lengkap. "Kami siap memberikan suara," kata I Nyoman Sadra, tokoh masayarakat Tenganan Pagewringsingan Bali Age, Selasa (8/4).

Sesuai dengan Surat Edaran KPU nomor 146/KPU/III/2014, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karangasem, Bali, juga telah memusnahkan sebanyak 6.680 surat suara yang rusak. Pemusnahan dilakukan Selasa (8/4), bersama-sama antara KPU dan Panwaslu Kaupaten Karangasem, disaksikan Kabag Operasi Polres Karangasem, Kompol Tonny Sugadri SIK.

Divisi Perencanaan Keuangan dan Logistik, KPU Karangasem, Dra Diana Devi mengemukakan, surat suara yang rusak antara lain karena salah cetak atau cacat produksi dan robek. Agar tidak menimbulkan masalah, maka surat suara rusak itu dimusnahkan. 

"Itu sudah sesuai dengan surat edaran KPU Pusat," kata Diana.

Di sela-sela pemusnahan surat suara rusak di halaman kantor KPU Karangasem, Diana mengatakan, dari surat suara yang rusak, 220 lembar surat suara untuk DPR RI, 3.260 lembar DPD RI, 1.009 DPRD Bali, selebihnya DPRD Tk Karangasem untuk lima daerah pemilihan.

Dikatakannya surat suara yang disiapkan untuk Kabupaten Karangasem sebanyak 1.547.612 lembar termasuk cadangan dua persen. Sementara kertas suara yang rusak, sudah dimintakan penggantinya. 

"Jadi Kami sudah siap untuk melaksanakan pemungutan suara," kata Diana didampingi Divisi Humas Data Informasi dan Hubungan antar Lembaga KPU Karangasem, Ngurah Gede Maharjaya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement