Selasa 08 Apr 2014 02:48 WIB

Survei: Mahfud MD Figur Favorit Santri dan Kiai

Rep: Amri Amrullah/ Red: Fernan Rahadi
Mahfud MD
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Mahfud MD

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Calon Presiden dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mahfud MD tetap menjadi figur capres dan cawapres pilihan di kalangan warga nahdliyin (NU) dan kalangan santri di pondok pesantren di Indonesia.

Hal itu terungkap dalam survei yang dilakukan beberapa komunitas  Nahdliyin seperti Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), dan lembaga pengembangan pendidikan pesantren Indonesia (LP3I), Mahfud MD mencapai 30 persen, Jokowi 20 persen dan Dahlan Iskan 10 persen.

Pengamat dari ISNU, Faza Dhora Naulifar Senin (7/4) mengatakan bahwa LP3I melakukan survei terhadap tokoh yang digadang sebagai presiden dimata kiai dan santri pada Januari 2014, survei menyebutkan dalam hal kesukaan Mahfud MD mendapat posisi tertinggi dikalangan santri sekitar 10,9 persen, kemudian disusul Jokowi 10, 2 persen.

Sedangkan cawapres dikalangan santri Jokowi mendapat urutan tertingi yakni 5,36 persen disusul Mahfud 4, 76 persen dan Dahlan Iskan mendapat 4,28 persen.

Hal sama dikatakan peneliti politik ISNU, Munajat. Ia mengungkapkan bahwa hasil survey skenario tertutup dikalangan santri dan kiai untuk partai politik. Hasil itu menunjukkan pertama terbanyak dan disukai adalah PPP mendapat 30 persen dan PKB 26 persen.

Sedangkan capres terkuat adalah Mahfud MD 30 persen dan Jokowi 26 persen. "Jadi, mayoritas alasan santri dan kiai memilih Mahfud MD, karena mereka paling diterima dan disukai," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement