Sabtu 05 Apr 2014 22:57 WIB

Jokowi Borong Ikan Asap di Papua

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Joko Sadewo
Jokowi
Foto: Republika/Prayogi
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Calon presiden yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo mengunjungi Pasar Youtefa, Abepura, Jayapura, untuk kampanye jelang pemilihan legislatif, Sabtu (5/4). Di sana, pria yang dikenal gemar blusukan tersebut memborong ikan asap khas Papua.

Jokowi, yang mengenakan pakaian khasnya, kemeja putih dan celana panjang hitam, berhenti di sebuah lapak penjual ikan asap. Dia kemudian bertanya pada si penjual. "Ini ikan apa?" tanya gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Ikan ekor kuning dan cakalang, Pak Jokowi," jawab Novella, gadis asli Papua penjual ikan asap.

"Wah enak banget ikan ini. Buat dimasak di rumah," kata Jokowi lagi. Ia kemudian minta dibungkuskan empat ekor ikan sebesar lengan orang dewasa tersebut. Satu ekor ikan dihargai Rp 30 ribu. Jokowi lantas menyalami Novella dan kembali melanjutkan blusukannya di Pasar Youtefa.

Novella, gadis penjual ikan asap, mengaku tak menyangka seorang calon presiden tiba-tiba mampir di lapak dagangannya. Apalagi, ia juga mendapat kesempatan untuk bersalaman dengan pria asal Solo tersebut. Sementara, warga lainnya harus berdesakan demi melihat sosok Jokowi.

Gadis asal Abepura ini sebenarnya telah mendengar kabar bahwa Jokowi akan datang ke pasar tersebut sejak pagi. Namun, baru pada pukul 12.30 WIT Jokowi tiba di pasar yang dikelilingi oleh perbukitan hijau tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement