Ahad 23 Mar 2014 04:20 WIB

Caleg PAN: Lingkungan Hidup Masa Depan Bangsa

Partai Amanat Nasional
Partai Amanat Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Lingkungan hidup merupakan masa depan bangsa Indonesia yang harus diperhatikan, kata calon anggota legislatif (Caleg) Kabupaten Waykanan Provinsi Lampung dari Partai Amanat Nasional (PAN) Sry Eka Rosenda (34).

"Dari lingkungan ada kehidupan. Saya ingin mendorong anak-anak dan masyarakat memperhatikan dan mencintai lingkungan," ujar pengajar TK Pertiwi Negeriagung yang suka menulis dan menuturkan dongeng lingkungan hidup itu di Waykanan, Sabtu.

Caleg PAN nomor urut 3 Dapil 1, Kecamatan Blambangan Umpu dan Negeriagung yang akan ikut merebut sembilan kursi dari 70.826 suara itu mengaku, mendongeng merupakan sarana efektif menyampaikan nilai dan visi.

"Sekarang sungai-sungai tercemar, susah cari ikan. Hal itu disebabkan banyak orang yang ingin dapat hasil cepat dari sungai tanpa memperhatikan lingkungan," kata perempuan kelahiran Waytuba 7 November 1980 itu menjelaskan.

Jika lingkungan tidak rusak, demikian anak pertama dari empat bersaudara pasangan Muhammad Zen dan Hamidah itu menjelaskan, ikan yang merupakan sumber gizi dan protein bagus bagi anak-anak masih mudah didapatkan di sungai-sungai Waykanan.

"Dan ikan bisa diberdayakan sebagai usaha rumahan karena memiliki nilai ekonomis. Karena itu, melalui lingkungan hidup, saya ingin berbuat untuk masyarakat dan daerah jika dipercaya duduk menjadi legislatif Kabupaten Waykanan periode 2014-2019 dari Pemilu 9 April 2014 yang akan datang," kata Wakil Bendahara II DPD PAN Waykanan itu pula.

Berkaitan dengan persoalan lingkungan hidup di daerah itu, Kepala Bappeda Rudi Joko Kurnianto membenarkan adanya fenomena pertambangan emas liar di sejumlah sungai setempat.

"Tapi sebelum Waykanan jadi kabupaten terpisah dari Lampung Utara, pertambangan emas di sungai-sungai memang sudah ada, dan tentu dampaknya juga akan ada," kata Rudi pula.

Mewujudkan pemerintahan yang bersih dan pelestarian lingkungan hidup, demikian Kepala Bappeda Waykanan itu menambakan, merupakan salah satu langkah strategis mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Waykanan yaitu "Terwujudnya Masyarakat Waykanan yang Sejahtera, Demokratis, Berbudaya dan Religius".

"Konservasi lingkungan hidup adalah bagian tidak terpisahkan dari gagasan pengembangan Waykanan Bumi Petani. Persoalan penambangan liar yang ada di sungai-sungai nanti kita tertibkan," kata Rudi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement