Selasa 11 Feb 2014 13:40 WIB

SBY Berharap Pemilu 2014 Tak Rusuh

Rep: Esthi Maharani/ Red: Mohammad Fachruddin
Simulasi Pengamanan menjelang Pemilu
Foto: Republika/Septianjar Muharam
Simulasi Pengamanan menjelang Pemilu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar pimpinan dan elit partai politik menjaga suhu pemilu di 2014. Mereka punya peran untuk mencegah terjadinya kekerasan dan benturan dalam pesta demokrasi.

“Saya mengajak dan berharap pimpinan dan elit partai politik untuk menjaga kedamaian, keamanan, dan ketertiban pada tahapan pemilu,” katanya dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) pemantapan pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD, Selasa (11/2).

Menurutnya, di dua pemilu sebelumnya, benturan dan kekerasan relative tidak terjadi. Karena itu, ia mengharapkan kondisi serupa bisa terulang di pemilu 2014. Ia pun mengajak agar para pimpinan dan elit parpol menjaga pernyataan dan tindakannya.

“Mari kita jaga pula pernyataan dan tindakan yang provokatif dan agitatif yang bisa menyulut emosi masyarakat kita,” katanya.

Kalaupun dalam perjalanannya terjadi muncul protes dan aduan dari masyarakat ataupun partai politik, Presiden SBY mengharapkan dilakukan dengan tertib dan damai serta sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang diatur UU. “Mari kita cegah kekerasan apalagi yang destruktif dan anarkitis. Jangan coret dan kotori demokrasi kita yang Alhamdulillah semakin matang. Mari ktia cegah dan tiadakan segala bentuk penyimpangan dan pelanggaran pemilu termasuk intimidasi dan paksaan dari siapapun dan terhadap siapa pun,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement