Senin , 09 October 2017, 09:21 WIB

Menanak Nasi Sempurna dengan Rice Cooker

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Darmawan
Beragam rice cooker yang tersedia di pasaran.
Beragam rice cooker yang tersedia di pasaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasak nasi menjadi urusan dapur yang sehari-hari harus dilakukan orang Indonesia. Karbohidrat yang satu ini pasalnya merupakan pilihan utama pengisi perut orang Indonesia dan banyak orang Asia lainnya.

Memasak dengan penanak nasi elektronik memang menyenangkan. Dan, perangkat ini memudahkan proses memasak nasi yang dulu harus dilakukan dengan merebus beras, mengaronnya, baru mengukusnya.

Jika ingin memasak nasi dengan benar di perangkat tersebut coba cek dulu tips yang diambil dari laman The Kitchn ini.  Kebanyakan rice cooker menggunakan perbandingan satu gelas beras dengan satu gelas air. Gunakan perbandingan serupa jika membuat nasi dalam jumlah yang besar. Menanak nasi dalam jumlah kecil pun memungkinkan, namun air tidak akan diserap banyak oleh nasi. Untuk itu, penting bagi pengguna rice cooker untuk melakukan percobaan agar menemukan perbandingan yang pas.

Banyak sekali variasi dari rice cooker. Bahkan untuk model yang berbeda dari merek yang sama. Mulailah dengan perbandingan tersebut dan sesuaikan dengan pengalaman anda dengan rice cooker pribadi.

Tambahkan Beras dan Selesai
Keindahan rice cooker adalah ia benar-benar bekerja dengan baik. Setelah memasukkan beras dan air kemudian menutupnya, maka panas dalam rice cooker bekerja dengan suhu yang tepat. Perangkat juga akan memantau uap dan tekanan dalam rice cooker serta mematikan diri secara otomatis jika selesai menanak.

Kebanyak rice cooker hanya memiliki tombol mati atau nyala saja. Jadi tidak perlu memikirkan waktu memasak. Namun jika rice cooker Anda memiliki pilihan waktu menanak, baca kembali instruksi dari buku manual.

Dua Faktor Kunci Menanak Nasi di Rice Cooker
Pertama, bersihkan beras di bawah aliran air sebelum dimasukan ke rice cooker. Dengan mencuci secara terpisah akan mengurangi goresan pada rice cooker dan membuat nasi tidak menjadi terlalu lengket.

Kedua, sebelum dihidangkan biarkan nasi beristirahat selama 10-15 menit setelah selesai dimasak. Hal tersebutuntuk membiarkan uap nasi terangkat dan membuat nasi lebih pulen.

Bersihkan Rice Cooker
Untuk membersihkannya, pindahkan seluruh isi nasi dan biarkan penutupnya terbuka agar bagian dalam rice cooker kering. Setiap sisa nasi akan mudah terangkat jika mencuci menggunakan spons atau serbet.



Berita Terkait