Kamis , 18 May 2017, 06:42 WIB

Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil Hatchback

Red: Hiru Muhammad
dok MMKSI
memeriksa kondisi kendaraan sebelum mudik akan mengurangi risiko yang tidak diinginkan saat mudik
memeriksa kondisi kendaraan sebelum mudik akan mengurangi risiko yang tidak diinginkan saat mudik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mobil masih menjadi andalan bagi sebagian besar masyarakat untuk mudik lebaran. Salah satu jenis mobil yang kerap dibawa mudik adalah jenis sedan.

Meski berukuran lebih kecil dari kendaraan lain, seperti multi purpose vehicle (MPV), sedan menjanjikan kenyamanan yang lebih baik. Hal itu tidak terlepas dari rancangan desain dan suspensi yang mumpuni sehingga memberikan stabilitas saat dikendarai.

Salah satu sedan kecil yang banyak dijumpai saat mudik adalah jenis hatchback. Kendaraan ini sesuai bagi keluarga kecil atau pasangan muda yang tidak memerlukan barang bawaan dalam jumlah besar saat mudik. Ukurannya yang tidak besar memungkinkannya melaju lebih gesit dibanding jenis lainnya.

Keuntungan lain adalah ukuran mesin yang tidak besar, membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien. Tentunya tanpa mengenyampingkan unsur keamanan dan kenyamanan. Salah satu yang bisa diandalkan untuk mudik adalah Mitsubishi Mirage. “Di varian tertentu terdapat Iso-Fix & Tether Anchor untuk kursi bayi,” kata Intan Vidiasari, Head of PR & CSR PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Rabu (17/5).

Mirage dilengkapi ruang kaki  yang lebih panjang,  dan 3 buah headrest di baris kedua di varian Exceed. Keunggulan-keunggulan inilah yang membuat Mitsubishi Mirage cocok dan asik diajak mudik oleh keluarga muda.

Intan juga mengingatkan para calon pemudik  untuk menyiapkan kendaraan dengan memeriksa mobil ke bengkel resmi, menjaga kesehatan dengan beristirahat dan tidur yang cukup, bila perlu periksa  kesehatan ke dokter, dan persiapan lain sebelum mudik.

“Kumpulkan informasi seperti lalu lintas, lokasi-lokasi SPBU, dan lain-lain. Inventarisir barang-barang yang akan dibawa, dan siapkan dana yang cukup,” kata Indra Prabowo, managing editor Mobil123.com. 

Beristirahat setiap 3-4 jam perjalanan setidaknya 30 menit  dengan melakukan senam kecil atau tidur  guna menjaga kebugaran. Untuk mengusir rasa bosan, di perjalanan Anda bisa memanfaatkan sistem hiburan di mobil. Sistem ini bisa kita gunakan untuk mengumpulkan berbagai informasi terkait perkembangan lalulintas saat mudik.