Jumat, 25 Jumadil Akhir 1435 / 25 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Mudik Aman dan Nyaman Versi Aswin Bahar

Sabtu, 14 Juli 2012, 23:24 WIB
Komentar : 0
Republika/Aditya Pradana Putra
Antrean panjang kendaraan bermotor di Jalan Raya Cipacing, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jabar, Ahad (4/9). Arus balik kendaraan para pemudik mencapai puncaknya pada Ahad.
Antrean panjang kendaraan bermotor di Jalan Raya Cipacing, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jabar, Ahad (4/9). Arus balik kendaraan para pemudik mencapai puncaknya pada Ahad.

REPUBLIKA.CO.ID,Dealer Utama Honda Mobil di Jabodetabek Honda Jakarta Centre (HJC) memberikan edukasi kepada masyarakat menjelang mudik lebaran bulan depan.

"Acara ini bentuk kepedulian HJC untuk memberikan "safety driving" ke pelanggan, menjelang mudik lebaran," kata Kepala Pemasaran dan Promosi Daya Hansten HJC ketika menggelar jumpa media bertema "Colour Your Ramadhan with Honda Free" di Serpong, Tangerang pada Sabtu (14/7).

HJC menunjuk Mantan Pembalap Senior Aswin Bahar untuk memberikan beberapa tips-tips menjelang mudik lebaran agar aman dan nyaman.

"Mengemudi itu yang penting tahu teknik. Kalau teknik mengerem, kita injek dalam pertama lalu kita kurangi perlahan-lahan," katanya.

Kedua, jangan meletakan barang-barang di atas mobil karena akan mengurangi gerak aerodinamis mobil dan membuat mobil lebih lambat. Alangkah baiknya, membawa barang secukupnya sesuai dengan kapasitas mobil.

Ketiga, jika kondisi fisik pengemudi sudah lelah. Jangan memaksakan diri untuk mengemudi karena dapat menyebabkan ngantuk. Berisitirahatlah dua-tiga jam tergantung kondisi pengemudi. Bentuk istirahat juga berbagai macam bisa tidur, duduk sejenak atau makan dan minum kopi sehingga tubuh lebih segar dan fokus tetap terjaga.

"Kekuatan tubuh ada batasnya, jangan terlalu dipaksakan jika lelah karena jarak perjalanan sangatlah jauh," katanya.

Terakhir, lakukanlah perawatan menyeluruh termasuk mengganti oli dan memeriksa tekanan angin pada ban. Juga pastikan kondisi ban masih baik dan tidak 'gundul' karena ban adalah faktor utama pada mobil.

Redaktur : Taufik Rachman
Sumber : antara
Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar