Jumat 13 Jul 2012 20:42 WIB

Toyota Pede Penjualan Semester Dua Menanjak

Toyota is going to pour more money to its manufacture in Indonesia.
Foto: Reuters/Mike Blake
Toyota is going to pour more money to its manufacture in Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Toyota Astra Motor memperkirakan penjualan mobil Toyota pada semester II-2012 dapat melebihi nilai pencapaian pada semester I-2012.

"Secara kebiasaan seperti itu, bahwa semester II akan lebih tinggi dari semester I-2012. Peningkatannya bisa sekitar 15-20 persen, apalagi Indonesia Motor Show akan dilangsungkan pada semester II-2012," kata General Manager Korporasi dan Hubungan Masyarakat Widyawati Soedigdo saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (13/7).

Pada semester I-2012 Toyota berhasil melewati target pangsa pasar sebesar 37,8 persen dari total pasar kendaraan dalam negeri.

Jumlah penjualan Toyota pada semester I-2012 sebanyak 202.519 unit sedangkan total pasar kendaraan dalam negeri pada periode yang sama sebesar 535.263 unit.

Widyawati juga memperkirakan penjualan kendaraan pada satu pekan saat hari raya Idul Fitri 1433 Hijriah turun sekitar 25 persen pada bulan Agustus 2012.

"Jadi turunnya itu bukan karena permintaan merosot, tapi disebabkan karena konsumen pergi dan ada gerai Toyota yang tutup," katanya.

Menurut Widyawati, jika ada konsumen yang membutuhkan servis atau suku cadang maupun pembelian bagi kendaraan Toyota maka akan dipenuhi oleh konsumen setelah hari Lebaran.

Dia mengaku tren di tiap tahun tidak berbeda, pada sebelum lebaran penjualan meninggi kemudian saat pekan lebaran menurun dan pasca lebaran permintaan akan kembali tinggi.

"Kalau libur lebaran selama satu pekan, berarti penjualan hanya tiga minggu dari satu bulan, dan sisanya itu hilang," jelas dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement