Jumat , 10 November 2017, 16:50 WIB

Vespa Produksi Motor Listrik Tahun Depan

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Mashable
Vespa elektrik.
Vespa elektrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Piaggio Group, perusahaan induk motor skuter ikonik, baru saja mengumumkan di Milan Motorcycle Show bahwa Vespa akan memproduksi model all-electric pertamanya pada 2018. Electtrica pertama kali memulai debutnya sebagai kendaraan konsep pada pertunjukan tahun lalu.

Dilansir dari laman Mashable Jumat (10/11), EV tidak terlihat jauh berbeda dengan penawaran lain dari Vespa, motor ini memiliki profil desain yang sama dengan Primavera bertenaga gas. Selain itu, Vespa listrik akan hadir dengan skema warna krom dan biru dalam gambar promo, dan akan ada tujuh variasi warna lainnya yang juga akan diproduksi.

Perbedaannya terletak pada unit daya, yang mampu menghasilkan 4 kW pada daya puncak. Diklaim perusahaan akan menawarkan kinerja yang terbaik dari skuter 50cc tradisional, terutama bila menyangkut akselerasi.

Piaggio mengatakan model standar Electtrica akan memiliki jangkauan hingga 62 mil per charge. Sementara varian X akan menampilkan generator tambahan untuk dua kali lipat jangkauannya, dengan kecepatan 124 mil per charge. Rentang yang disediakan oleh sistem all-electric memang berbeda jika dibandingkan dengan beberapa kendaraan Vespa yang lebih tradisional, seperti Primavera, menawarkan sekitar 206 mil pada tangki penuh gas.

Electtrica tidak akan memerlukan infrastruktur pengisian khusus apapun. Piaggio mengatakan, pemilik akan bisa mengisi tunggangan mereka sepenuhnya dengan memasang kabel kompartemen tempat duduk ke stopkontak listrik terpasang standar, yang diperkirakan akan menghabiskan waktu selama empat jam.

Skuter baru ini akan menjadi pilihan listrik pertama Vespa, namun Electtrica tidak akan menjadi skutik listrik pertama di dunia. Saingan seperti Gogoro, merek yang diluncurkan secara di CES pada 2015, sudah melesat mengelilingi jalanan kota, jadi Piaggio memiliki beberapa tantangan untuk dilakukan.

Produksi akan dimulai tahun depan untuk Electtrica, yang akan didistribusikan Piaggio Group di seluruh dunia. Sayangnya, perusahaan tidak merilis rincian harga atau tanggal rilis tertentu.