Rabu , 01 November 2017, 12:13 WIB

Ini yang Harus Diperhatikan Pengendara Motor Wanita

Red: Gita Amanda
Yamaha
New Fino Tubeless dan Ban Lebar 125cc Blue Core.
New Fino Tubeless dan Ban Lebar 125cc Blue Core.

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini, banyak para wanita Muslimah yang berpergian ke tempat tujuan dengan menggunakan kendaraan agar lebih praktis. Tak jarang, beberapa dari mereka memilih sepeda motor sebagai alternatif kendaraan yang mudah, dan praktis.

Bagi para wanita khususnya yang menggunakan jilbab, sebaiknya memperhatikan beberapa langkah ini, agar dapat berkendara aman sampai ke tempat tujuan. Berikut beberapa tips dan trik yang disampaikan Sony Susmana Praseto, Chief Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI):

1. Sebaiknya para wanita menggunakan jilbab yang tidak bahaya bagi dirinya, sehingga saat berkendara tidak terjepit dengan komponen motor.

2. Biasakan mempersiapkan, atau memperhatikan pakaian sebelum kendaraan bergerak, maupun saat sedang berjalan. Salah satunya dengan dijepit, diikat, diduduki, dan lain-lain sehingga, pakaiannya tidak melambai, yang bisa mengganggu.

3. Seringlah memeriksa kaca spion untuk tidak hanya melihat kondisi belakang, akan tetapi juga kondisi pakaian dan jilbabnya.

4. Kurangi kecepatan kendaraan hingga 10km/jam dari biasanya, untuk meminimalkan risiko terburuk akibat jilbab terurai.

5. Gunakan motor sesuai dengan pakaiannya, seperti motor matic atau yang tertutup depannya untuk menahan hempasan angin, sehingga pakaian dan jilbab sedikit tertahan.

Salah satu pilihan yang dapat digunakan para wanita masa kini adalah motor keluaran Yamaha teranyar, New Fino Tubeless dan Ban Lebar 125cc Blue Core yang kini tampil dengan gaya baru. Matik retro Yamaha ini makin Stylish, Irit dan Praktis, hadir dengan ban bertapak lebar tipe tubeless.

Disebut Stylish karena dilengkapi lampu LED yang elegan pada Fino Grande, cahayanya lebih terang, stabil dan fokus. Body ramping Shape 'S', memberi kesan sentuhan kuat lebih elegan.

Ban tubeless yang dimilikinya memiliki ukuran ban depan 80/80-14M/C 43P, dan ban belakang 100/70-14M/C 51P), hal ini membuat Fino Lovers semakin nyaman berkendara di segala kondisi jalan. Motor kapasitas 125 cc, dengan ban lebar maka berkendara menjadi semakin stabil. Selain itu juga, lebih nyaman dengan ban tubeless, karena tekanan ban selalu terjaga, dan tidak cepat berkurang meski tertusuk benda tajam.

New Fino Tubeless dan Ban Lebar 125cc Blue Core dengan ban lebar dan tubeless dibanderol dengan harga Fino Grande Rp 18,5 juta OTR Jakarta, serta Fino Sporty dan Fino Premium Rp 17,3 juta OTR Jakarta. Fino Premium tampil dengan tiga pilihan warna baru yang menarik yaitu, "Choco Caramel" (coklat), “Red Berry” (merah) dan “White Latte” (putih).

Dengan mesin berteknologi Blue Core, konsumsi bahan bakarnya lebih irit sebesar 50 persen. Kemudian menjadi semakin irit dengan Fitur canggih Stop & Smart System (SSS). Di mana dalam temperatur kerja, SSS akan bekerja membuat mesin Stop atau Mati saat sepeda motor berhenti lebih dari lima detik, dan otomatis Start atau Menyala saat tuas gas diputar kembali. Teknologi SSS ini membuat semakin menghemat konsumsi bahan bakar terbuang percuma saat dalam kondisi macet.

Kesan Fashion Matic terlihat dengan kehadiran Fitur canggih Advance Key System (AKS), yang memiliki fungsi ganda untuk menemukan lokasi sepeda motor saat parkir dan membuka penutup kunci utama. Dan Smart Lock System, membuat berkendara semakin praktis ketika harus mengunci rem saat di tanjakan atau jalan menurun.

Bertempat di kawasan Ancol, Jakarta Utara, acara peluncuran ini sebelumnya dihadiri puluhan komunitas Fino dan Hijab. Keseruan acara menjadi bertambah, bukan hanya launching produk baru, tetapi juga konten acara yang ditawarkan berbeda dari sebelumnya.

Yamaha memberikan edukasi tentang “Ban tipe Tubeless” kepada para komunitas. Tujuannya untuk menjadikan perempuan semakin smart dalam berkendara. Apabila dalam kondisi darurat ban bocor, mereka mengetahui apa yang harus dilakukan.

Bekerja sama dengan brand kosmetik ternama di Indonesia, Yamaha juga memberikan pemahaman untuk tetap cantik berkendara melalui acara, Beauty Class. Sebab, perempuan masa kini juga mengutamakan penampilan. Di sini Yamaha memberi pelatihan menjaga penampilan agar tetap menarik saat mengendarai sepeda motor.

Tidak hanya itu, sebagai wujud nyata kepedulian Yamaha terhadap keselamatan berkendara diadakan juga acara Yamaha Safety Riding Class oleh instruktur perempuan. Melalui New Fino 125cc Blue Core, Yamaha ingin membangun citra positif perempuan Indonesia juga adalah pelopor keselamatan berkendara. Jadi #yuuk_selamat bareng Yamaha dan tetap cantik mempesona bersama New Fino 125cc Blue Core #istimewakandirimu.