Senin , 23 October 2017, 05:34 WIB

Motor Ini Dapat Tempuh Jarak 223 Mil Hanya Sekali Pengisian

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
Google
Motor listrik zero S.
Motor listrik zero S.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Zero Motorcycles membuat beberapa model motor listrik yang bisa digunakan oleh konsumen dan unit kepolisian. Dengan diperkenalkannya model 2018, Zero telah meningkatkan kemampuan motornya dengan jarak tempuh lebih jauh dan waktu pengisian yang lebih singkat. 

Seperti yang dijelaskan Zero pada tahun 2018, perbaikan pada model sepeda motor listrik mereka merupakan hasil dari aksesori Charge Tank 6 KW yang baru terungkap, dan dapat digunakan oleh baterai Zero S, Zero SR, Zero DS, dan Zero DSR.

Aksesori baru ini memungkinkan Zero S dan DS ZF7.2 dibebankan kira-kira satu jam saat dihubungkan ke stopkontak tingkat 1 110 V. Sementara baterai yang lebih besar yang ditemukan di SR dan DSR dapat diisi sekitar dua jam dengan menggunakan pengisi daya tingkat 2.

Sedangkan untuk jarak tempuh kendaraan, model motor listrik yang dilengkapi dengan paket tenaga ZF7.2 dan ZF14.4 sekarang dapat berjalan 10 persen lebih jauh berkat peningkatan kimia baterai. Motor ini dapat dikendarai sejauh 223 mil.

''Ini adalah baterai tertinggi dan dengan kepadatan daya di industri transportasi saat ini untuk ukurannya membawa Anda lebih jauh daripada kendaraan listrik lainnya,'' kata Zero, mengutip Futurism.com, Ahad (22/10).

Motor ini juga merupakan model motor listrik baru yang memiliki kecepatan mumpuni. Motor dengan power pack ZF7.2 memberikan torsi roda belakang 11 persen lebih banyak. Sementara powertrains dari ZF13.0 Zero S dan Zero DS telah disetel dengan baik untuk menawarkan daya hingga 30 persen lebih banyak dan torsi.

''Ingin cepat melewati mobil dan motor lain di jalan? Sekarang kamu bisa,'' ucap Zero.

Harga untuk model 2018 yang baru sama dengan model 2017, dengan Zero FX termurah mulai dari 8.495 dolar AS atau Rp 114,8 juta. Jika Anda mengincar model dasar Zero S, harganya mulai 10.995 dolar AS atau Rp 148,6 juta.

Hanya saja, biaya 'Charge Tank' akan dikenakan biaya tambahan sebesar 2,295 dolar AS atau Rp 31 juta. Sebuah harga yang tinggi jika ingin kembali ke jalan dengan cepat setelah perjalanan yang dapat menghabiskan baterai.