Selasa 23 May 2017 02:05 WIB

Sederet Gelar Hayden Bersama Honda

Pembalap Moto GP Nicky Hayden melakukan jumpa pers yang dilangsungkan di salah satu hotel di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/10). (Mutia Ramadhani)
Pembalap Moto GP Nicky Hayden melakukan jumpa pers yang dilangsungkan di salah satu hotel di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/10). (Mutia Ramadhani)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebersamaan Nicky Hayden dengan Honda di ajang MotoGP berakhir di musim 2009. Ketika itu, pembalap asal Amerika Serikat tersebut memilih hijrah ke Ducati.

Sebelum terjun ke ajang MotoGP, pembalap berjuluk "Kentucky Kid" ini sangat mesra dengan Honda. Sederet gelar pun diraihnya bersama Honda seperti di ajang AMA (Amerika), Supersport, Superbike, dan Daytone 200. ''Saya juga juara bersama Honda di ajang motocross,'' katanya. ''Menjadi juara di Kejuaraan Dunia adalah pencaiapan terbaik karier saya sejauh ini," kata Hayden waktu itu.

Memasuki ajang MotoGP, karir Hayden mencapai puncaknya ketika menjuarai MotoGP musim 2006. Setelah itu, performa apik Hayden menurun dan akhirnya memutuskan pindah dari Honda ke Ducati.

'Kami sangat bahagia Nicky bergabung bersama kami,'' kata Chief Executive Ducati Corse, Claudio Domenicali, seperti dikutip situs Eurosport, Selasa (16/9).

''Kami yakin sikapnya yang pantang menyerah serta karakter dan gaya membalapnya akan merupakan nilai tambah bagi tim kami di 2009," kala itu.

Lepas dari MotoGP, Hayden pun terjun lagi di ajang Superbike. Lagi-lagi, Hayden membela Honda, yakni Ten Kate Honda dan Red Bull Honda.

Mantan juara MotoGP Nicky Hayden meninggal dunia pada usia 35 tahun, Senin (22/5), lima hari setelah terlibat dalam kecelakaan saat bersepeda. Pemnalap Amerika Serikat ini menderita kerusakan otak serius setelah bertabrakan dengan sebuah mobil di garis pantai Rimini, Italia pada Rabu (17/5) lalu.

Juara MotoGP 2006 ini telah berada di unit perawatan intensif Rumah Sakit Maurizio Bufalini Cesena. "Kami ingin semua orang mengingat Nicky dengan bahagia, mengendarai sepeda motor," kata saudaranya Tommy seperti dikutip BBC.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement