Jumat , 17 Maret 2017, 22:47 WIB

Mengintip Detail Honda CMX500 Rebel

Red: Mansyur Faqih
Antara/M Agung Rajasa
Sejumlah awak media memotret motor kustom Honda CMX500 Rebel saat peluncurannya di Jakarta, Jumat (17/3).
Sejumlah awak media memotret motor kustom Honda CMX500 Rebel saat peluncurannya di Jakarta, Jumat (17/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Motor kustom terbaru Honda CMX500 Rebel akhirnya resmi melaju di jalanan Tanah Air, Jumat (17/3). Bermain di segmen motor gede (moge), kuda besi ini didesain dengan konsep ruang kustomisasi yang tak terbatas sehingga tercipta ikatan emosi yang kuat dengan pengendaranya. 

Sepeda motor seharga Rp 147,387 juta ini didukung mesin 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder yang diambil dari Honda CBR500R yang sporty. Untuk menghadirkan kemampuan jelajah, telah dilakukan revisi pemetaan PGM-FI fuel injection yang menghasilkan karakter berbeda dari kinerja rpm berfokus tinggi CBR untuk output bottom-end dengan penyaluran halus dan linear di seluruh rentang putaran. Torsi mampu mencapai 45,8 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga puncak 35,2kW pada 8.500 rpm.

Power unit yang disematkan akan menghasilkan keseimbangan yang baik antara ukuran fisik dan output yang fleksibel. Bore dan stroke dibuat pada 67 mmx66,8 mm dengan rasio kompresi 10,7: 1. Sementara itu bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm dengan penyetelan katup jenis shim untuk memperoleh bobot yang ringan, serta menurunkan beban per katup dan mengurangi gesekan.

Silent cam chain (SV chain) memiliki pin yang permukaannya dilapisi dengan Vanadium sehingga mengurangi gesekan dengan peningkatan perlindungan terhadap debu. Didukung pula oleh diameter katup inlet yang berukuran 26,0 mm dengan diameter katup buang 21,5 mm.

Gesekan dapat diminimalkan dengan penambahan alur pada permukaan (lapisan akhir ini dapat meningkatkan luas permukaan, untuk memberikan celah di mana oli dapat mengalir untuk pelumasan yang lebih baik). Pin crankshaft didesain dengan sudut 180 derajat dan primary couple-balancer diletakkan di belakang silinder, dekat dengan pusat gravitasi motor. 

Gigi primer dan balancer menggunakan scissor gears sehingga mengurangi noise. Sementara poros engkol penyeimbang secara khusus dibentuk untuk pasangan-keseimbangan yang ringan memungkinkan mesin berputar bebas dengan mengurangi inersia.

Crankcases menggunakan centrifugally cast thin-walled sleeves. Desain internal mengurangi pumping losses yang dapat terjadi dengan 180 derajat waktu pengapian. Motor ini pun memiliki bak oli berkapasitas 2,5 liter. Gear box enam-kecepatannya pun dirancang mudah untuk dinaikkan dan diturunkan, terutama di perkotaan.

Sementara itu, saluran pembuangan 2-1 mereduksi gas buang di katalisator melalui ruang pertama ke ruang resonator kedua. Knalpot berdiameter 120 mm shotgun style mampu menghasilkan suara berat yang khas dengan penyaluran torsi yang pas.

Untuk mendukung tampilan low-rider, Rebel dipasang pegangan mesin pada tiga area di rangka tubular dan dirancang sesempit mungkin di sekitar pengendara. Rangka termasuk loop belakang yang memisahkan jok dari spatbor logam bertekstur; aluminium cor subframe bolt-on yang memberikan ruang lingkup lebih lanjut untuk kustomisasi.

Sedangkan garpu depan berdiameter 41 mm dipasang dengan jarak selebar 230 mm untuk menunjang berkendara sempurna dan nyaman namun tetap gaya. Swingarm baja berbentuk tabung dengan diameter 45 mm bekerja dengan peredam kejut kembar yang memiliki dua pengaturan tingkat preload.

Ban Dunlop dipasang sebagai standar dengan ukuran 130/90-16 di depan dan 150/80-16 belakang. Tampilan roda aluminium cor 16 inci sederhana dengan disk depan 296 mm dengan spoke pattern.