Sabtu 31 Jan 2015 17:40 WIB

Ini Beda Ban Radial dan Bias

Ban bias (kiri) dan ban radial (kanan). Ban radial lebih luas permukaannya.
Foto: Sportku
Ban bias (kiri) dan ban radial (kanan). Ban radial lebih luas permukaannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kalau biasanya orang awam lebih paham tentang ban tubeless dan nontubeless, kali ini ada istilah lain tentang ban yang wajib diketahui bikers. PT Michelin Indonesia menjelaskan tentang perbedaan ban radial dan ban bias.

Secara sepintas kedua ban ini nampak biasa. Tapi kalau diamati ban radial punya permukaan lebih lebar dibanding ban bias. Ban bias strukturnya terbuat dari bahan nilon secara menyilang. Sedangkan ban radial terbuat dari serat baja sejajar yang menutupi seluruh permukaan ban.

"Salah satu keunggulan ban radial yaitu bisa membuat sirkulasi udara panas ban lebih merata dibanding bias. Juga ban bias akan cepat alami kegundulan atau aus dibagian tengahnya saja. Lain dengan radial yang bisa menyebar tekanan beban dari motor ke sisi kiri dan kanan ban secara merata," ujar Bayu Surya Sugeng, Country of Sales Marketing 2Wheels Divisi PT Michelin Indonesia.

Michelin yang sudah terkenal dengan ban radial dari tahun 1946 ini optimis dengan pasar sepeda motor Indonesia. Dengan ban tipe radial, kontur jalanan Indonesia dirasa bisa ditaklukan oleh Michelin. Salah satu produk unggulan ban radial dari Michelin yaitu Pilot Street.

Ban radial dari Michelin ini meski dibuat dengan bahan serat baja tapi lentur saat digunakan. Sehingga bisa digunakan dan handal menerjang jalanan bergelombang terutama pada motor sport. Dengan tipe radial juga ban bisa mencengkram aspal lebih banyak karena permukaan ban lebih lebar.

sumber : www.sportku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement