Kamis 30 Oct 2014 11:20 WIB
IMoS 2014

'Blue Core' Teknologi Irit BBM dari Yamaha

Rep: MGROL31/ Red: Yudha Manggala P Putra
Mesin yang mengusung teknologi Blue Core.
Foto: Sportku
Mesin yang mengusung teknologi Blue Core.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Memanfaatkan ajang Indonesia Motorcycle Show 2014 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, PT  Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memperkenalkan inovasi teranyarnya Blue Core pada Rabu (29/10).

Teknologi ini diklaim pihak Yamaha mampu meningkatkan pembakaran dalam ruang mesin sehingga pemakaian bahan bakar lebih irit hingga 50 persen dibandingkan dengan motor berkarburator.

Sistem dari teknologi ini memungkinkan terjaganya suhu dari mesin, mengurangi gesekan yang mereduksi tenaga, serta menjadikan performa motor lebih stabil.

Berbeda dari model sebelumnya, mesin berteknologi Blue Core akan memiliki setting yang disesuaikan untuk performa maksimal. Tak hanya itu, pengaturan dari rasio gir juga akan dirombak untuk mendapatkan torsi yang maksimal.

Teknologi piston terdahulu Yamaha yakni, silinder DiAsil dan forged piston juga digabungkan untuk mendapatkan pelepasan panas yang baik, ringan, serta kuat sehingga tidak mengubah bentuk dari blok mesin.

Oil jet piston cooler juga disematkan pada inovasi ini sehingga oli dapat disemprotkan ke permukaan bawah piston yang menjadikan pendinginan lebih maksimal.

“Teknologi Blue Core akan persiapkan untuk seluruh model Yamaha di Indonesia, dan rencananya Indonesia akan menjadi basis dari teknologi ini,” ungkap General Manager Service & Motor Sport Yamaha M. Abidin.

Sebelumnya teknologi ini juga telah digunakan di motor Nozza Grande pabrikan Vietnam, dan Grand Filano dari Thailand. Dengan tipe motor matik berteknologi Blue Core tersebut, konsumsi dari bahan bakar mencapai 54 km / liter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement