Ahad 03 Feb 2013 20:17 WIB

Viar Kebanjiran Pesanan Khusus

Rep: Yulianingsih/ Red: M Irwan Ariefyanto
Viar
Viar

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pada 2012 lalu PT Triangle Motorindo membukukan penjualan motor niaga sebesar 30 ribu unit. Dengan penjualan sebesar itu Viar memimpin market motor niaga Indonesia dengan market share 60-80 persen untuk seluruh Indonesia.

Tahun ini Viar menargetkan penjualan motor niaga sebesar 40 ribu unit atau 60 persen dari seluruh target penjualan produk motor viar sebesar 60 ribu unit. Dari jumlah itu 5 persennya disumbang dari penjualan di wilayah Yogyakarta.

Menurut general Manager Marketing Viar Motor Indonesia, Akhmad Zafitra Dalie, pihaknya kebanjiran order khusus untuk seri motor niaga sepanjang 2012 lalu. "Banyak pesanan khusus dari beberapa instansi terkait modifikasi motor niaga," terangnya di Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Pesanan khusus tersebut antara lain untuk kebutuhan perpustakaan keliling, motor pemadam kebakaran serta untuk kepentingan niaga khusus dari usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. "Tahun kemarin dari SIKIB (istri-istri menteri) memesan 500 unit untuk perpustakaan keliling, dari Departemen Pertanian untuk penggilingan keliling dan dari Pemerintah Daerah banyak yang memesan untuk motor pemadam kebakaran," tandasnya.

Diakuinya pada 2013 ini, pesanan khusus terkait modifikasi motor niaga roda tiga ini diyakini akan semakin besar. Pasalnya menjelang Pemilihan Umum 2014, dipastikan banyak partai politik maupun perorangan yang menggunakan kendaraan roda tiga ini beberapa kepentingan kampanye. Saat ini kata dia, pihaknya mulai menerima order khusus untuk kepentingan partai politik tersebut baik untuk kegiatan sosial maupun kepentingan lainnya.

Sepanjang 2012 lalu, Viar Motor Indonesia telah mengeluarkan sedikitnya 23 variasi modifikasi motor niaga untuk berbagai kepentingan. Dari sekian variasi ini sebagian besar untuk kepentingan niaga bagi UMKM di Indonesia. Kepentingan niaga tersebut menurutnya, antara lain untuk penjualan sayur keliling, jasa cuci mobil keliling, jasa bengkel keliling, outlet penjualan Hand Phone keliling dan berbagai kegiatan niaga UMKM lainnya.

Variasi motor niaga ini menurut Dalie, sebagian besar dilakukan pada bak terbuka yang ada di motor tersebut. Bak terbuka ini yang dimodifikasi sesuai kebutuhan konsumen baik untuk perpustakaan, niaga keliling atau untuk pemadam kebakaran. Bahkan 2013 ini, pihaknya sudah memperoleh pesanan khusus dari pemerintah daerah untuk pengadaan motor pengangkut sampah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement