Kamis 01 Nov 2012 16:21 WIB

Honda dan Yamaha Pamerkan Motor Listrik

Honda RC E
Honda RC E

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Yamaha Indonesia Manufacturing Motor (YIMM) memamerkan konsep motor-motor listrik selama ajang pameran sepeda motor Jakarta (JMCS) 2012.

Tak tanggung-tanggung, AHM memamerkan tiga motor listrik yaitu motor sport Honda RC-E, Honda EV Cub dan Honda Eve-Neo.

YIMM hanya memajang satu motor listrik yaitu Yamaha EC-Miu, sedangkan produsen motor lainnya lebih membanggakan motor-motor bermesin bensin.

Brand Activation PT AHM Gunawan Rustandi mengatakan AHM belum memiliki rencana untuk memproduksi motor listrik dalam waktu dekat dan tiga motor yang ditampilkan masih dalam bentuk konsep. Lagipula saat ini AHM masih fokus memproduksi motor-motor berteknologi injeksi.

"Bukan sekarang, ini motor-motor masa depan. Honda RC-E dan Honda EV Cub masih konsep sedangkan Honda Eve-Neo sudah diproduksi di Jepang," katanya ketika menghadiri ajang pameran sepeda motor Jakarta pada Kamis (1/11).

Rustadi mengatakan ketiga motor konsepnya bermesin listrik baterai bukan hybrid yang memadukan mesin baterai dan bensin. Motor Sport Honda RCE terinspirasi dari motor balap Honda RC-Series.

RCE yang pertama kali diperkenalkan dalam pameran otomotif Tokyo 2011 memiliki ukuran body frame compact seperti motor balap pada umumya. Bodynya telihat kokoh dan aerodinamis dengan fairing yang membelah di kedua sisinya.

"Motor ini akan menjadi motor sport di masa depan," katanya. Kedua Honda EV Cub memiliki body retro, ramping dan minimalis. Model itu merupakan generasi terbaru sepeda motor ramah lingkungan dengan pasokan tenaga baterai yang powerful.

Ketiga, Honda Eve-Neo yang memadukan desain tradisional (lawas) dan futuristik seperti lampu utama dan lampu sein yang berbentuk bulat, body yang minimalis. Model itu menggunakan baterai lithium ion.

Terakhir, Yamaha EC-Miu yang memiliki body ramping, minimalis dan futuristik. Model itu memiliki panjang 1.560 mm, lebar 510 mm dan tinggi 1.280 mm. Mesinnya menggunakan motor magnet dan tenaga yang dikeluarkan hanya kurang dari 0.5 kW. Tipe baterai menggunakan baterai lithium ion.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement