Rabu 18 Apr 2012 19:45 WIB

Audi Berminat Beli Ducati

Motor Ducati
Motor Ducati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Salah satu pabrikan mobil asal Jerman, Audi menyatakan ketertarikannya untuk membeli Ducati, produsen sepeda motor asal Italia, dari pemilik saat ini yaitu Investindustrial senilai 860 juta euro (1,1 miliar juta dolar AS).

Demikian disampaikan sumber yang mengetahui rencana tersebut, seperti dilaporkan Automotive News, Rabu (18/4). Diungkapkan, Audi telah mencapai kesepakatan dengan Investindustrial untuk membeli produsen sepeda motor mewah itu.

"Dewan Pengawas Volkswagen (VW) telah menyetujui kesepakatan itu pada Rabu," kata sumber yang menolak disebutkan namanya. Audi dan Investindustrial menolak memberikan komentar. Sesuai kesepakatan harga, tak termasuk utang, Ducati akan bernilai sekitar tujuh kali pendapatan tahun lalu sebelum bunga, pajak, nilai turun dan amortisasi.

Jumlah kewajiban Ducati berkurang dari 200 juta euro, pembelian Investindustrial pada bulan lalu. Chairman Volkswagen, Ferdinand Piech yang berusia 75 tahun hari ini telah mengindamkan Ducati sejak lama dan ia mengutarakan minatnya secara langsung akan membeli Ducati pada April 2008 sebelum akhirnya kalah dari Investindustrial.

Pembelian itu akan membuat Ducati berada di urutan ke-11 anak perusahaan VW bersama dengan mobil Lamborghini, Bugatti dan truk-truk berat Scania AB produsen serta MAN SE. "Ducati adalah salah satu mesin terbaik dan Ducati sangat strategis bagi Volkswagen," kata Pengamat IHS Automotif Christoph Stuermer yang berada di Frankfurt.

"Pendapatan (Ducati) lebih besar dari pada gabungan pendapatan Lamborghini dan Bugatti. Namun untuk operasi otomotif, Ducati membutuhkan banyak aksesori," tuturnya.

Kompetisi BMW

Ducati akan melengkapi jajaran mobil mewah Audi dengan produk seperti produk Superbike 1199 Panigale S Tricolore senilai $28,000 dan memperluas persaingan merek dengan BMW, pemilik sepeda motor Husqvarna. Ducati yang tahun lalu menjual sekitar 42 ribu unit sepeda motor memiliki pendapatan sekitar 480 juta euro pada 2011.

Untuk Volkswagen, kesepakatan itu akan membuat VW terjun ke bisnis sepeda motor dan kembali memeroleh aset di Italia setelah membeli mobil super Lamborghini dan Italdesign Giugiaro. Piech juga menyatakan minatnya pada masa lalu terhadapat Fiat Alfa Romeo.

Produsen sepeda motor terbesar di India Hero MotoCorp Ltd  juga menyatakan minatnya untuk membeli Ducati setelah Investindustrial mengemukakan rencana menjual Ducati pada Februari. Daimler menegaskan pada Selasa tidak tertarik kepada Ducati.

Ducati yang didirikan pada 1926 menjual model motor sport Monster, Streetfighter, Hypermotard, Multistrada dan model terbaru Diavel di 65 negara. Selama 60 tahun terakhir, Ducati telah memenangkan 17 kejuaraan Championship di seluruh dunia, terakhir Ducati memenangkan gelar World Superbike Championship 2011.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement