Saturday, 28 Safar 1436 / 20 December 2014
find us on : 
  Login |  Register

Audi Berminat Beli Ducati

Wednesday, 18 April 2012, 19:45 WIB
Komentar : 1
Motor Ducati
Motor Ducati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Salah satu pabrikan mobil asal Jerman, Audi menyatakan ketertarikannya untuk membeli Ducati, produsen sepeda motor asal Italia, dari pemilik saat ini yaitu Investindustrial senilai 860 juta euro (1,1 miliar juta dolar AS).

Demikian disampaikan sumber yang mengetahui rencana tersebut, seperti dilaporkan Automotive News, Rabu (18/4). Diungkapkan, Audi telah mencapai kesepakatan dengan Investindustrial untuk membeli produsen sepeda motor mewah itu.

"Dewan Pengawas Volkswagen (VW) telah menyetujui kesepakatan itu pada Rabu," kata sumber yang menolak disebutkan namanya. Audi dan Investindustrial menolak memberikan komentar. Sesuai kesepakatan harga, tak termasuk utang, Ducati akan bernilai sekitar tujuh kali pendapatan tahun lalu sebelum bunga, pajak, nilai turun dan amortisasi.

Jumlah kewajiban Ducati berkurang dari 200 juta euro, pembelian Investindustrial pada bulan lalu. Chairman Volkswagen, Ferdinand Piech yang berusia 75 tahun hari ini telah mengindamkan Ducati sejak lama dan ia mengutarakan minatnya secara langsung akan membeli Ducati pada April 2008 sebelum akhirnya kalah dari Investindustrial.

Pembelian itu akan membuat Ducati berada di urutan ke-11 anak perusahaan VW bersama dengan mobil Lamborghini, Bugatti dan truk-truk berat Scania AB produsen serta MAN SE. "Ducati adalah salah satu mesin terbaik dan Ducati sangat strategis bagi Volkswagen," kata Pengamat IHS Automotif Christoph Stuermer yang berada di Frankfurt.

"Pendapatan (Ducati) lebih besar dari pada gabungan pendapatan Lamborghini dan Bugatti. Namun untuk operasi otomotif, Ducati membutuhkan banyak aksesori," tuturnya.

Kompetisi BMW

Ducati akan melengkapi jajaran mobil mewah Audi dengan produk seperti produk Superbike 1199 Panigale S Tricolore senilai $28,000 dan memperluas persaingan merek dengan BMW, pemilik sepeda motor Husqvarna. Ducati yang tahun lalu menjual sekitar 42 ribu unit sepeda motor memiliki pendapatan sekitar 480 juta euro pada 2011.

Untuk Volkswagen, kesepakatan itu akan membuat VW terjun ke bisnis sepeda motor dan kembali memeroleh aset di Italia setelah membeli mobil super Lamborghini dan Italdesign Giugiaro. Piech juga menyatakan minatnya pada masa lalu terhadapat Fiat Alfa Romeo.

Produsen sepeda motor terbesar di India Hero MotoCorp Ltd  juga menyatakan minatnya untuk membeli Ducati setelah Investindustrial mengemukakan rencana menjual Ducati pada Februari. Daimler menegaskan pada Selasa tidak tertarik kepada Ducati.

Ducati yang didirikan pada 1926 menjual model motor sport Monster, Streetfighter, Hypermotard, Multistrada dan model terbaru Diavel di 65 negara. Selama 60 tahun terakhir, Ducati telah memenangkan 17 kejuaraan Championship di seluruh dunia, terakhir Ducati memenangkan gelar World Superbike Championship 2011.

Redaktur : Djibril Muhammad
Sumber : Antara
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Upaya Pembunuhan Kim Jong Un, Film Ini Batal Putar
WASHINGTON DC -- Sony Pictures diperkirakan rugi sekitar 100 juta dolar karena batalnya pemutaran film "The Interview" akibat ancaman serangan ke bioskop-bioskop yang...