Selasa 22 Jan 2019 11:08 WIB

Hyundai Kembangkan Airbag untuk Kecelakaan Beruntun

Sistem airbag ini bereaksi pada tabrakan selanjutnya.

Ilustrasi
Foto: Google
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hyundai Motor Group, produsen mobil terbesar di Korea Selatan (Korsel) mengatakan telah mengembangkan sistem penyebaran airbag yang lebih aman untuk melindungi orang dari berbagai tabrakan.

Sistem airbag yang canggih segera siap bereaksi pada tabrakan selanjutnya setelah mendeteksi tabrakan awal. Dalam kasus tertentu tabrakan ringan tidak cukup menjamin airbag mengembang.

"Jika tabrakan pertama adalah tabrakan kecil tetapi kendaraan terus menyala dan bertabrakan dengan sesuatu yang lain, seperti pohon atau lampu jalan, sistem airbag mengoptimalkan dirinya untuk melindungi pada tabrakan berikutnya," kata juru bicara perusahaan melalui telepon, dikutip dari Yonhap, Selasa (22/1).

Ini adalah pertama kalinya bagi Hyundai  mengembangkan sistem airbag multi-crash. Sistem airbag ada yang tidak mengembang setelah tabrakan lanjutan, padahal dampak selanjutnya kadang melibatkan kekuatan yang lebih besar dan dapat menyebabkan cedera serius.

Hyundai Motor Co dan afiliasinya Kia Motors Corp, mengatakan mereka akan menerapkan sistem airbag canggih untuk kendaraan baru yang ditingkatkan. Sebanyak tiga dari 10 kecelakaan mobil melibatkan banyak tabrakan. Mengutip data dari National Automotive Sampling System, terdapat 56 ribu kecelakaan mobil yang terjadi di Amerika Serikat dari 2000 hingga 2012.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement