Kamis 15 Nov 2018 19:26 WIB

Pembiayaan Konsumen Toyota Sebagian Besar Masih Kredit

Salah satu perusahaan yang jadi pilihan adalah Toyota Astra Financial Service

Rep: Rossi Handayani / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Toyota Astra Financial Services
Foto: IST
Toyota Astra Financial Services

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, mengungkapkan, para pelanggan dari Toyota saat ini memang lebih banyak menggunakan pembiayaan kredit dalam pembelian unit baru. Konsumen yang menggunakan pembiayaan ini sebesar lebih dari 55 persen.

"Karakter konsumen Toyota sebagian besar pembiayaan masih melalu kredit, sekitar lebih dari 55 persen. Jika menggunakan rata-rata jualan Toyota tahun ini, 29 ribuan, maka sekitar lebih dari 15 ribu adalah melalui kredit," kata Henry, Kamis (15/11).

Salah satu perusahaan pembiayaan yang dapat menjadi pilihan konsumen yakni Toyota Astra Financial Service (TAF), yang pada awalnya hanya memberikan pembiayaan bagi konsumen Toyota. Namun kini TAF juga memberikan pilihan lain bagi pelanggan yang ingin memboyong mobil Daihatsu, atau pun Lexus.

"Untuk peningkatan saat ini belum bisa disebut, tapi secara pasar positif lah, karena kita gak mau dibilang jualan kita banyak atau dikit, kita pembiayaan bagaimana pelanggannya, tingkat lanjutnya itu membaik lah," kata Ludy.

Dari segi profitabilitas, Ludy mengatakan, TAF mengalami hasil yang positif. TAF memberikan pembiayaan pada pelanggan baik secara business to business (B2B), dan business-to-consumer (B2C).

"Mungkin konsumen yang perusahaan mengikuti pembiayaan secara kredit karena memutar 'cash flow'. Ada budget yang harus mereka sisihkan untuk usahanya, modal usahanya juga, daripada cash jadi kredit sebagai solusi pembiayaan para pengusaha," ujar Ludy.

Pada Oktober 2018 TAF juga baru menginjakkan usia ke 13 tahun, dari awal hadir setelah fokus pembiayaan Toyota, kini juga untuk mobil Daihatsu dan Lexus. Di hari perayaan ulang tahun, TAF memberikan promosi dengan tema 13 seperti, uang muka Rp 13 juta, cicilan bulanan Rp 2 jutaan, dan lainnya. 

Tidak seperti pembiayaan lain, Ludy mengatakan, TAF adalah pembiayaan yang resmi, bukan hanya dilihat dari penawaran yang mudah bagi konsumen. TAF memiliki keterikatan baik dengan Agen Pemegang Merek, bengkel dan juga diler. "Secara nasional market share TAF untuk Toyota mencapai 13 persen, dan Daihatsu empat persen," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement