Rabu 31 Oct 2018 17:39 WIB

Avanza Mobil Bekas Paling Laku

Avanza diminati karena faktor layanan purnajual.

Rep: Dwina Agustin/Antara/ Red: Ani Nursalikah
Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) melakukan kegiatan TACI Peduli kepada warga yang terkena bencana longsor di Dusun Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
Foto: dok. TACI
Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) melakukan kegiatan TACI Peduli kepada warga yang terkena bencana longsor di Dusun Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mobil Avanza masih menarik minat masyarakat Indonesia sebagai tunggangan harian. Pembelian mobil rilisan Toyota pun ini tetap merajai pasar penjualan mobil bekas.

"Avanza merupakan peringkat pertama sebagai tipe mobil yang paling banyak dicari," ujar Head of Convenient Transaction OLX Indonesia Agung Iskandar dalam acara "Tren Jual-Beli Mobil di OLX Sepanjang 2018", Rabu (31/10).

Agung menjelaskan, data tersebut merupakan hasil dari periode Januari hingga September 2018. Posisi Avanza ini masih belum bergeser untuk kendaraan yang paling banyak dicari. Honda Jazz menempati posisi kedua, kemudian Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Mitsubishi Pajero Sport.

Meski Xpander dari Mitsubishi terbilang banyak diperbincangkan dan dicari, namun, dalam penjualan mobil bekas, Pajero Sport masih unggul. Menurut Agung, hal ini dikarenakan pembeli pertama Xpander masih belum mau melepas mobil tersebut sehingga mobil bekasnya belum banyak dicari.

Sedangkan untuk mobil yang paling banyak terjual di situs jual/beli otomotif online OLX dalam periode yang sama adalah Avanza. Kemudian disusul dengan Jazz, Xenia, Ertiga, dan posisi kelima justru diisi Nissan Grand Livina. "Namun kemungkinan bisa saja tahun depan tergeser kalau Nissan tidak ada tipe yang terbaru lagi," ujar Agung.

Selaras dengan ungkapan para dealer di OLX, Toyota Avanza dinilai masih mendominasi pasar mobil bekas, khususnya di wilayah Bali, Jakarta, dan Surabaya. Harga yang tejangkau dan efisiensi bahan bakar menjadi daya tarik bagi Toyota Avanza dibandingkan dengan mobil setipe lainnya.

Di Bali khususnya, Toyota Avanza sangat diminati oleh jasa penyewaan mobil untuk mengantar turis berkunjung ke berbagai tempat rekreasi. Beberapa dealer di OLX menginformasikan mereka memiliki persediaan Toyota Avanza yang tinggi karena harga jualnya yang tetap stabil meski telah digunakan selama tiga hingga lima tahun.

Dengan harga jual sekitar Rp 110 juta hingga Rp 150 juta, mobil yang memiliki saudara kembar Daihatsu Xenia ini juga masih menempati posisi sebagai MPV yang paling banyak dicari. Selain karena jenisnya sebagai kendaraan MPV, Avanza juga diminati karena faktor layanan purnajual atau after sales kendaraan tersebut.

"Layanan purnajual Avanza masih sangat bagus. Jadi bukan hanya sesuai kebutuhan tapi juga layanan purnajualnya tinggi," kata Agung.

Kedudukan Avanza sebagai mobil paling dicari dan dibeli ini pun sejalan dengan tren penjualan yang besar terhadap tipe Multi Purpose Vehicle atau MPV. Tipe tersebut menyumbang penjualan hingga 41 persen. Mobil tipe hatchback 22 persen, SUV 20 persen, sedan 13 persen, dan pikap atau truk empat persen.

Sedangkan pada peringkat kedua ada Honda Jazz sebagai mobil paling banyak dicari. Menurut informasi dari OLX, mobil ini diminati oleh kaum hawa, khususnya ibu muda dan mahasiswi.

"Honda sendiri produk mobil andalannya yang banyak terjual adalah Jazz," kata Agung.

Honda menempati peringkat kedua sebagai mobil paling banyak dijual setelah Avanza dengan persentase 22 persen. Ukuran yang compact, pilihan warna beragam, serta efisiensi bahan bakar menjadi daya tarik utama mengapa mobil ini paling dicari oleh konsumen wanita.

Selain itu, harga jual Honda Jazz dinilai cukup stabil walaupun telah digunakan dua hingga tiga tahun. Honda Jazz banyak dipasarkan dengan harga Rp 105 juta hingga Rp 180 juta. Honda Jazz banyak dijual di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Denpasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement