Rabu 08 Aug 2018 18:51 WIB

Beginilah Cara Honda Kenalkan Teknologi Canggih Ke Siswa SMK

kegiatan ini diharapkan memberikan inspirasi dan inovasi mobilitas di masa depan

Rep: Rossi Handayani/ Red: Hiru Muhammad
Honda Prospect Motor (HPM) mengundang para pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari berbagai daerah dalam acara 'Student Day' yang digelar di booth Honda, pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Rabu (8/8).
Foto: Rossi Handayani
Honda Prospect Motor (HPM) mengundang para pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari berbagai daerah dalam acara 'Student Day' yang digelar di booth Honda, pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Rabu (8/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SERPONG-- Aktivitas memperkenalkan teknologi baru otomotif  kini telah dilakukan sejumlah agen tunggal merek (APM) ke sejumlah sekolah. 

Salah satunya seperti yang dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM) pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini. 

Dalam acara Student Day yang digelar di booth Honda, Rabu (8/8), HPM memberikan edukasi teknologi canggih milik Honda yang dipamerkan di booth Honda.

"Kami berharap dengan memperkenalkan teknologi baru ini, juga memberikan inspirasi untuk menciptakan inovasi mobilitas di masa depan," ujar Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Sebanyak 65 pelajar hadir sebagai tamu undangan. Mereka berasal dari sekolah kejuruan yang telah menjalin kerjasama dengan Honda melalui program Honda Transfer of Technology. Terdiri dari SMKN 8 Bandung, SMKN 3 Kuningan, SMKN 2 Cariu, SMKN 4 Bogor dan SMKN 2 Tangerang Selatan. 

Melalui program tersebut, Honda telah mendonasikan mesin dan berbagai alat peraga untuk praktik, serta membuka kelas khusus untuk pendidikan teknisi Honda. 

Para pelajar berkesempatan mendapatkan pengetahuan mengenai teknologi baru yang belum pernah mereka pelajari sebelumnya, termasuk mesin VTEC Turbo, sistem Hybrid i-MMD dan teknologi mobil Iistrik pintar Honda NeuV. Para pelajar juga berkesempatan mencoba perangkat mobilitas canggih Honda UNI-CUB. 

Muhamad Zuhdi, Service Technical & Warranty Senior Manager PT Honda Prospect Motor, saat memberikan penjelasan kepada para siswa menyebutkan 

kendaraan turbo memiliki kapasitas mesin yang kecil, namun tenaga yang dihasilkan sama dengan mobil yang mempunyai kapasitas besar. VTEC Turbo merupakan teknologi yang disematkan pada mesin kendaraan, berfungsi untuk meningkatkan tenaga mesin hanya dengan memanfaatkan gas buang.

Mesin Turbo didesain untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar yang ekonomis, dan kenyamanan berkendara. Mesin Turbo sendiri sudah diaplikasikan pada berbagai model mobil Honda di Indonesia, antara lain Honda Civic, Honda Civic Hatchback, Honda Civic Type R dan Honda CR-V.

Sedangkan teknologi i-MMD dapat menambah jarak tempuh kendaraan secara signifikan dengan tenaga motor tanpa menyalakan mesin terus-menerus, sehingga konsumsi bahan bakar lebih hemat. 

"Teknologi Honda yang sekarang ada hybrid, Honda sensing, dan Honda memiliki mesin turbo yang memanfaatkan gas buang dari mesin untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar," kata Zuhdi.

Selain itu para  siswa SMK juga diperkenalkan mobil konsep Honda NeuV. Honda NeuV merupakan konsep kendaraan listrik yang dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (Al) buatan Honda bernama Honda Automated Network Assistant.

Mobil ini memiliki kemampuan komunikasi antara pengendara dan kendarannya. NeuV dapat mendeteksi emosi pengemudi melalui ekspresi wajah dan nada suara. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement