Rabu 14 Feb 2018 23:12 WIB

Datsun Cross Satu-satunya Kendaraan Berteknologi VDC

Datsun Cross digerakan oleh mesin bensin ringan dan tanggap 1,2 liter.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Winda Destiana Putri
Head of Datsun Indonesia (kanan) memperkenalkan Datsun Cross di Tujungan Plaza 3 Surabaya, Rabu (14/2).
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Head of Datsun Indonesia (kanan) memperkenalkan Datsun Cross di Tujungan Plaza 3 Surabaya, Rabu (14/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT Nissan Motor Indonesia memperkenalkan Datsun Cross di Tunjungan Plaza 3 Surabaya, Rabu (13/2). Head of Datsun Indonesia Masatu Nakamura mengaku, Datsun Cross merupakan satu-satunya kendaraan di kelasnya yang dilengkapi teknologi Vehicle Dynamic Control (VDC).

 

Menggunakan perangkat lunak terkini, seperangkat fitur VDC tersebut mencakup anti-lock brakes (ABS), electronic brake distribution with brake assist (EBD with BA), traction control (TCS), dan brake-limited slip differential (B-LSD). "Datsun Cross juga memiliki perangkat keselamatan lainnya, termasuk airbag ganda, lampu peringatan sabuk pengaman, dan lampu headlight otomatis," ujar Masatu.

 

Masatu menjelaskan, Datsun Cross digerakan oleh mesin bensin ringan dan tanggap 1,2 liter dengan tenaga 68/78 HP, serta torsi 104 Nm. Sehingga, mendapat keseimbangan yang sempurna antara kinerja yang bertenaga dan penghematan bahan bakar.

 

Baca juga: New Datsun Cross Dilengkapi Teknologi Keselamatan Canggih

 

"Mesin ini dikenal tidak hanya karena kinerjanya, namun juga keandalannya," kata Masatu.

 

Masatu melanjutkan, selain varian dengan tranmisi manual, Datsun Cross juga menawarkan X-Tronic CTV (continuously variable transmission). Teknologi CTV ini diyakini Masatu akan semakin meningkatkan kemampuan dan kenyamanan berkendara.

 

"Selain mudah dikendarai dan pergantian gear-nya lebih halus, sistem transmisi ini juga sangat hemat bahan bakar, lebih tahan lama, dan lebih ringan serta ringkas daripada gearbox otimatis konvensional," ujar Masatu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement