Senin 05 Mar 2018 11:25 WIB

Mobil tanpa Sopir Boleh Beroperasi di Arizona

Peraturan baru tersebut akan merangkul teknologi dan mendukung inovasi.

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Mobil Swakemudi. Ilustrasi
Foto: Carscoops
Mobil Swakemudi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arizona mulai melegalkan operasi mobil tanpa sopir dalam waktu dekat. Mobil self driving atau tanpa sopir akan mulai beroperasi di Arizona dalam waktu dekat. 

 

Gubernur Arizona Doug Ducey sudah menandatangani sebuah perintah eksekutif terkait peraturan mobil tanpa sopir, dialporkan laman Engadget, Senin (5/3). "Seiring perkembangan teknologi, kebijakan dan prioritas kami harus disesuaikan agar tetap kompetitif," ujar Ducey.

 

Peraturan baru tersebut akan merangkul teknologi dengan menciptakan lingkungan yang mendukung inovasi. Meski boleh beroperasi, mobil swakemudi tetap harus mematuhi standar keselamatan federal dan negara bagian.

 

Sebelum Arizona, California sudah melegalkan mobil swakemudi beberapa waktu lalu. California membolehkan mobil swakemudi beroperasi pada April mendatang. Saat ini, Arizona dan California merupakan dua negara bagian yang menjadi tuan rumah sejumlah tes kendaraan tanpa sopir dalam beberapa waktu ke depan.

 

Untuk Arizona, sejumlah perusahaan, seperti Waymo, Intel, Uber dan GM, yang akan menguji teknologi mobil tanpa pengemudi tersebut. Sementara, California membutuhkan operator jarak jauh dan izin khusus. Sebelumnya, Waymo sudah menyiapkan armada taksi tanpa sopir untuk wilayah Phoenix. Waymo akan meluncurkan layanan tersebut akhir tahun ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement