Jumat 02 Mar 2018 17:11 WIB

Volvo Kenalkan Bus dengan Konsep Maxibus di GIICOMVEC

Bus ini dapat menampung hingga 90 penumpang di sepanjang jalur khusus bus di Jakarta.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto membuka pameran GIICOMVEC, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (1/3).
Foto: Republika/Eko Supriyadi
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto membuka pameran GIICOMVEC, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (1/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Volvo membawa Bus seri B11R dalam Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC). Bus ini dilengkapi fitur poros 6x2 dengan suspensi udara penuh, mesin 370 Hp, gearbox otomatis sebesar 6 percepatan penuh yang terpasang dan dilengkapi dengan retarder dan disesuaikan dengan Volvo BRT body works resmi.

Konfigurasi ini dikenal secara lokal sebagai 'maxibus'. Bus ini dapat menampung hingga 90 penumpang di sepanjang jalur khusus bus di Jakarta.

"Saya yakin, bus berkualitas tinggi, moderen dan aman ini akan membawa pengalaman dan tingkat kenyamanan baru bagi para penumpang," ucap Valery Muyard, Presiden Direktur Volvo Trucks Indonesia, di Jakarta, Kamis (1/3).

Ia menyatakan, B11R ini solusi kendaraan terlengkap dari sistem transportasi umum jangka panjang yang berkelanjutan. Volvo Bus menawarkan bus kota, bus antarkota dan jarak jauh, serta berbagai layanan yang dikembangkan untuk meningkatkan produktivitas.

Volvo Bus pertama kali diperkenalkan ke Indonesia sebagai bus kota bertingkat di bawah program akuisisi Kementerian Perhubungan pada masa 1981-1984. Selama beberapa dekade, Volvo Bus juga telah berkembang menjadi segmen pengangkutan yang memasok bus antar kota untuk operasi tambang.

Tahun ini Volvo telah memperkenalkan jajaran kerangka Volvo B8 terbaru, sebuah versi yang disempurnakan dari versi sebelumnya di kategori 7-Liter. Pada sistem transportasi, Volvo telah menjadi pemimpin dalam pengembangan Bus Rapid Transit (BRT) sejak sistem pertama dibangun pada akhir tahun 1970an.

Saat ini Volvo Bus beroperasi pada sistem BRT di lebih dari 20 negara, menggerakkan lebih dari 12 juta penumpang setiap harinya. Volvo saat ini juga menawarkan solusi BRT seperti bus bi-articulated sepanjang 28 meter yang mampu membawa sekitar 300 penumpang.

Himawan Dewoto Kunto, Country Director of Volvo Buses, Indonesia mengatakan, tawaran BRT terintegrasi dari Volvo tidak hanya mencakup portofolio kendaraan yang komprehensif dengan fleksibilitas tinggi untuk dapat disesuaikan dengan semua desain sistem.

"Namun juga solusi pembiayaan, dukungan aftermarket, kontrak pelayanan, pelatihan teknis dan juga pengemudi, telematika, saran, keahlian, dan lain-lain tergantung pada kebutuhan masing-masing di kota Anda," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement