Selasa 20 Feb 2018 10:07 WIB

Volkswagen Luncurkan Mobil yang Dikendalikan Melalui Suara

Interior mobil all-electric ini sama sekali tidak mencerminkan gaya tradisionalnya.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Winda Destiana Putri
Volkswagen Luncurkan Mobil yang Dikendalikan Melalui Suara
Foto: Engadget
Volkswagen Luncurkan Mobil yang Dikendalikan Melalui Suara

REPUBLIKA.CO.ID, Baru-baru ini Volkswagen meluncurkan sebuah mobil dengan konsep otonom baru bernama I.S. Vizzion di Geneva International Motor Show. Interior mobil all-electric ini sama sekali tidak mencerminkan gaya tradisionalnya dan terlihat seperti telah didesain ulang sepenuhnya.

Mobil ini tidak memiliki setir kemudi maupun tombol kontrol yang terlihat. Mobil ini adalah generasi keempat yang masuk dalam kelompok jenis I.D. dan difokuskan pada pengembangan teknologi mobil listrik.

Ide dibalik penciptaan I.D. Vizzion sendiri disebut untuk menciptakan kenyamanan bagi sopir dan membiarkan pengemudi menggunakan sistem otonom. Sopir dan penumpang bisa berinteraksi dengan mobil menggunakan suara akibat asisten virtual yang telah terpasang. VI yang ada dapat mengingat preferensi atau kesukaan masing-masing orang yang menggunakan mobil dan menyesuaikannya.

 

Baca juga: Usai Skandal Emisi, Volkswagen Siap Luncurkan Produk di AS

Mobil ini disebut menggunakan baterai lithium 111 kWh dan memiliki rentang perjalanan hingga 665 km dengan memperhitungkan pengereman regeneratif. Kecepatan tertinggi yang dapat diraih Vizzion adalah 180 km per jam atau sekitar 111 mil per jam.

Volkswagen sendiri telah berjanji untuk memperkenalkan 20 model mobil listrik hingga 2025 dan menempatkan model I.D sebagai produksi tahun 2020. Desain awal akan menggunakan model yang kecil dan kemudian menyusul sebuah SUV dan sedan yang lebih besar seperti dilansir dari Engadget.

Namun hingga saat ini masih belum jelas kapan kepastian Vizzion akan dimasukkan dalam produksi atau tidak sama sekali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement