Friday, 7 Jumadil Akhir 1439 / 23 February 2018

Friday, 7 Jumadil Akhir 1439 / 23 February 2018

Waymo Mulai Uji Coba Mobil Otonom di Atlanta

Selasa 30 January 2018 06:54 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri

Mobil otonom, Waymo.

Mobil otonom, Waymo.

Foto: Dailymail
Atlanta adalah pusat bagi teknologi dan inovasi. Cocok untuk program pengujian Waymo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produk teknologi mobil otonom dari Alphabet Inc, Waymo melakukan uji coba di Atlanta. Perusahan tersebut mengumumkan percobaannya melalui akun Twitternya pada Senin (22/1).

"Atlanta adalah pusat bagi teknologi dan inovasi. Cocok untuk program pengujian Waymo," tulis akun tersebut.

Dengan lebih dari delapan tahun pengujian di balik layar, Waymo menguji kendaraan di pinggiran kota Phoenix, Michigan, Silicon Valley dan San Francisco. Perusahaan ini adalah pelopor teknologi mobil otonom.

Sementara perusahaan mobil yang menguji kendaraan di depan umum, mereka secara rutin memiliki supir di mobil otonom yang siap mengambil alih jika teknologinya gagal. Waymo mengumumkan rencananya di Twitter bahwa uji coba di Arizona tidak ada batasan dalam mengemudikan mobil otobom.

Sebelumnya perusahaan tersebut meluncurkan program Phoenix pada November lalu. "Halo ATL! Metro Atlanta menjadi tempat selanjutnya untuk program uji coba Waymo. Sekarang kami baru saja mencoba kendaraan otonom penuh di jalan umum di Arizona, kami masih mencari kota lain untuk mencobanya," tulis perusahaan.

"Atlanta secara resmi menjadi kota ke 25 di seluruh Amerika untuk menguji mobil. Termasuk tempat-tempat sulit seperti perbukitan San Fransisko yang berkabut, jalan bersalju di Michigan dan jalan hujan di Kirkland, Washington," lanjutnya.

Musim gugur lalu, Waymo meluncurkan layanan penggilan kendaraan untuk masyarakat umum di Phoenix, Arizona, tentunya tanpa supir dibalik kemudinya. Dengan keputusan tersebut CEO John Krafcik akhirnya memutuskan perusahaan menguji mobil otonom di jalan umum Arizona. Pengumuman tersebut menandai kemajuan besar dalam peluncuran mobil otonom.

Sementara perusahaan menguji mobil otonom di jalan publik, mereka tetap menyiapkan orang di kursi pengemudi untuk mengambil alih jika teknologinya gagal. Perusaahan teknologi besar, pabrikan mobil dan startup berlomba-lomba untuk membuat sesuatu bagi era baru kendaraan dan menyambut peluang yang menguntungkan.

Seperti dilansir dari laman Daily Mail, Watmo menuturkan bahwa masyarakat dapat menaiki minivan Fiat Chrysler Pasifica yang dilengkapi dengan teknologi Watmo dalam beberapa bulan kedepan, tentunya tanpa supir manusia. Awalnya penumpang akan ditemani di kursi belakang oleh karyawan Waymo, namun akhirnya penumpang akan melakukan perjalanan sendiri di dalam mobil robot.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA