Sabtu , 13 January 2018, 09:15 WIB

Hypercar Toyota dengan 1.000 Horsepower

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Carscoops
Hypercar Toyota
Hypercar Toyota

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Tahun lalu, bos Toyota Akio Toyoda mengatakan bahwa saat industri otomotif mendekati saat-saat perubahan yang luar biasa, maka ia bertekad keras untuk memastikan bahwa mobil akan menyenangkan selama 100 tahun ke depan.

Satu langkah kecil menuju tujuan tersebut, Toyota mengubah mobil balap World Endurance Championship TS050 menjadi mesin halo yang berjalan di jalanan. Dan di situlah Konsep Super Sport GR masuk.
 
Dilansir dari laman Road and Track Sabtu (13/1), Hadir di Tokyo Auto Salon, konsep 'LMP1 road-going Toyota' menggabungkan output gabungan dari 1000 tenaga kuda (horsepower). Hal itu berkat twin-turbo direct injection 2.4 liter V6 dan motor sport balap dari sistem hibrida Toyota.
 
Jika konfigurasi ini terdengar familiar, itu karena TS050 memiliki drivetrain yang sama. Sisa mobil "terdiri dari sebagian besar bagian utama yang sama juga", seperti yang diakui Toyota.
 
Konsep bermotif ramping ini berjalan pada ban 18 inci yang dibungkus karet 330-section. Kemudian apabila dilihat dengan baik pada paket aero-nya, sepertinya akan membawa pertarungan dengan Mercedes-AMG Project One dan Aston Martin Valkyrie.
 
Saat berada di WEC untuk 2018-2019, Toyota akan terus mempercepat program elektrifikasi agar tetap kompetitif dalam dekade berikutnya. Di CES, perusahaan mempresentasikan konsep e-palette, yang pada dasarnya merupakan ruang tamu otomatis.
 
Produk yang dihasilkan dari eksperimen GR Super Sport Concept akan menjadi kebalikan dari itu, dan Toyota percaya bahwa kemungkinan menawarkan "model berlawanan polar", yang artinya orang seharusnya tidak pernah bosan dengan produknya.