Rabu 10 Jan 2018 05:51 WIB

Mobil Otonom Ramaikan CES 2018

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri
CES 2018 poster. ILustrasi
Foto: Mashable
CES 2018 poster. ILustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS --  Industri otomotif hadir sebagai salah satu pengisi acara mayor di Consumer Electronics Show (CES) 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat. Dalam pameran tahunan tersebut, berbagai macam jenis teknologi mutakhir pada kendaraan seperti Artificial Intelligence, mobil otonom, dan mobil listrik ditampilkan.

Ford, Fiat Chyrsler, Toyota dan Honda adalah beberapa nama yang hadir pada CES tahun ini. CEO Ford, Jim Hackett menuturkan bahwa dia akan berbicara mengenai mobil pintar di masa depan yang akan menghubungkan dunia.

"Anda akan melihat bagian besar, bagian otomotif besar yang tidak hanya berfokus pada listrik, tapi keseluruhan pergeseran ke arah kendaraan otonom yang lebih aman. Setiap perusahaan mobil besar ada di sana, dengan satu cara atau cara lainnya. Ini adalah salah satu pameran mobil terbesar di dunia," kata CEO Consumer Technology Association, Gary Shapiro seperti dilansir dalam laman Fox Business.
 
Pengisi acara CES tahun ini tidak terbatas pada perusahaan mobil besar. Startup asal Cina, Byton menjadi salah satu pengisi acara pameran dengan menampilkan mobil listrik pertama mereka. Meski belum jelas mengenai detail tersebut, namun diharapkan dapat menjadi kendaraan crossover kecil.
 
Perusahaan start up lain yang berfokus pada kendaraan listrik turut berkontribusi dalam pameran ini adalah Faraday Future. Selain itu, produsen mobil asal Korea Selatan, Kia Motors, akan memamerkan mobil listrik baru miliknya yang berslogan, 'mesin antarmuka manusia yang belum pernah terlihat sebelumnya'.
 
Teknologi mobil otonom yang mencolok di CES, layanan berbagi kemudi, Lyft bekerja sama dengan Aptic menawarkan taksi otonom. Ford bermitra dengan Domino, untuk memamerkan kendaraan otonom sebagai pengantar pizza.
 
Teknologi mobil pintar adalah topik hangat dari acara yang akan berlangsung pada 9 hingga 12 Januari mendatang tersebut. Tidak mau kalah, Toyota bekerja sama dengan Pizza Hut, Amazon dan Uber dalam konsep kendaraan yang disebut e-Pallete. Yakni sebuah kendaraan otonom yang dirancang untuk melakukan tugas seperti pengiriman paket dan pizza.
 
Mercedes Benz juga meluncurkan sistem hiburan terbaru. Dimana para penggunanya akan memiliki dasbor antarmuka pintar yang tersedia dalam mobil compact-nya. Toyota diharapkan bisa menampilkan konsep AI-enable serupa yang akan disertakan dalam model Camry 2018. Diperkirakan 170 ribu orang akan hadir pada acara CES 2018 ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement