Kamis , 23 November 2017, 19:37 WIB

Konsep Tough and Dynamic Pada All New Rush

Rep: Rossi Handayani/ Red: Hiru Muhammad
Republika/Hiru Muhammad
Terdapat sejumlah perubahan dari eksterior dan interior All New Rush.
Terdapat sejumlah perubahan dari eksterior dan interior All New Rush.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak diperkenalkan pertama kali tahun 2006 silam  Toyota Rush terus berbenah diri dengan melakukan sejumlah perubahan. Perubahan terakhir yang dilakukan PT TAM terhadap medium SUV andalannya ini adalah dengan meluncurkan tipe Rush Sportivo Ultimo pada tahun 2013 hingga 2017. 

Setelah mendapat tepat di pasar tanah air, Rush Sportivo Ultimo terus dikembangkan dan tahun 2017 terjual hingga 89 persen. Kini dengan mengusung konsep tought and dynamic, PT TAM mencoba mengawinkan unur ketangguhan SUV dengan kenyamanan kendaraan yang dapat digunakan untuk keseharian. "Unsur tough itu terlihat dari depan samping dan belakang, termasuk foglamp dan asesoris TRD," kata Donny Adhi Yuwono selaku Chief Designer PT TAM disela peluncuran All New Rush, Kamis (23/11).

Mnurutnya, disan All New Rush sepenuhnya hasil rancangan tehnisi Indonesia. Termasuk kebutuhan kendaraan yang mampu mengangkut tujuh orang penumpang merupakan keinginan pasar. Pada All New Rsih kali ini, ban serep yang biasanya terdapat di bagian belakang, kini disimpan dibagian bawah kendaraan sehingga kendaraan tampak lebih anggun. 

Konsep  tough and dynamic sendiri terinspirasi dari penampilan para atlet yang dinamis, namun tangguh dalam menghadapi setiap rintangan. Garis desain pada bagian bawah disebut memberikan kesan yang kokoh atau tough. Sedangkan kesan dinamis, muncul dari garis desain bagian samping.

Bagian Interior All New Rush didesain dengan konsep 'True 7 Seater SUV' yang dilengkapi dengan tujuh seatbelt, dan tujuh head rest. Jarak bangku baris ke dua dengan ketiga sebesar 700 milimeter, penumpang baris ketiga menjadi Iebih nyaman dibandingkan model sebelumnya. Tak hanya itu, tersedia ruang yang luas untuk tempat bagasi, panjang bagasi All New Rush mencapai 450 milimeter atau lebih panjang 150 milimeter, dibandingkan sebelumnya.

Semua tipe dilengkapi AC dengan double blower, sehingga pengatur suhu dari depan ke belakang lebih merata. Interior juga dilengkapi overhead console box, sebagai tempat kaca mata. Secara keseluruhan, mobil ini mempunyai 13 cup holder yang dapat digunakan untuk menyimpan botol minuman.

Tipe TRD Sportive maupun G, dilengkapi pengaturan audio melalui roda kemudi, khusus untuk tipe TRD Sportive roda kemudinya juga dilengkapi pengaturan untuk telepon. Pengaturan AC juga menggunakan layar digital, di mana tipe TRD memiliki fungsi otomatis, dan tipe G memiliki sistem memori yang dapat menyimpan dua pengaturan.

Fitur keamanan dan keselamatan, semua tipe All New Rush menggunakan Anti-lock Braking system (ABS) untuk mengurangi risiko tabrakan, Hill Start Assist Control (HSA) agar lebih percaya diri saat melewati jalan mendaki, Vehicle Stability Control (VSC) untuk menjaga kestabilan saat menikung, dan mobil ini juga dilengkapi enam kantung udara.

 

Berita Terkait