Jumat 27 Oct 2017 16:59 WIB

Mitsubishi Kenalkan Truk Listrik E-Fuso

Rep: Rossi Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Mitsubishi E Fuso
Mitsubishi E Fuso

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), di bawah naungan Daimler Truck Asia, memperkuat komitmennya untuk mengembangkan seluruh jajaran truk, dan bus bertenaga listrik dalam beberapa tahun mendatang. Pada ajang Tokyo Motor Show, MFTBC melansir merek terbarunya E-Fuso, dan menjadi pabrikan pertama yang mendedikasikan untuk truk, dan bus bertenaga listrik.

MFTBC memajang truk heavy-duty yang memiliki jarak tempuh hingga 350 kilometer. Truk ini diberi nama E-Fuso Vision One, menandai akhir dari proses perusahaan yang akan mulai beralih ke tenaga listrik dalam beberapa waktu mendatang. Investasi dan juga akses pada Daimler Network untuk teknologi baterai serta pengisian daya akan mendukung strategi ini, dan menjadikan E-Fuso sebagai truk listrik terdepan.

"Melalui E-Fuso Vision One, ini merupakan gambaran kami terhadap truk heavy-duty bertenaga listrik, kami kembali menjadi yang terdepan dalam hal kendaraan niaga bertenaga listrik. Satu bulan semenjak peluncuran eCanter, seri produksi pertama truk bertenaga listrik di New York, membuktikan komitmen kami untuk mengembangkan tenaga listrik pada seluruh jajaran truk dan bus, mulai dari truk ringan hingga truk berat. Sebuah komitmen berkelanjutan dengan peluncuran E-Fuso, sebuah merk yang secara eksklusif didedikasikan untuk truk dan bus bertenaga listrik," ungkap Marc Listosella, President and CEO of Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation and Head of Daimler Trucks Asia state, dalam keterangan tertulis kepada Republika.co.id Jumat (27/10).

Listosella melanjutkan, Dengan eCanter, perusahaan membuktikan bahwa truk listrik sangat layak untuk digunakan untuk kebutuhan komersil. eCanter dapat mengemat hingga 1000 Euro per 10.000 km untuk biaya operasionalnya. Dan dengan perkembangan teknologi baterai yang begitu cepat, perusahaan akan terus mengembangkan truk dan bus bertenaga listrik yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan ekonomi di masyarakat.

E-Fuso Vision One merupakan truk heavy-duty yang memiliki GVW 23.26 ton dan payload 11.11 ton, lebih rendah 1,8 ton dari rekan dieselnya. Sementara truk listrik jarak jauh masih membutuhkan waktu untuk uji kelayakan secara teknis, penggunaan truk heavy-duty E-Fuso Vision One dapat digunakan untuk kendaraan distribusi di area regional.

Dengan mengembangkan eCanter mulai dari perluasan desain, pengembangan, pengujian hingga saat ini masuk tahap produksi, MFTBC mendapatkan pencerahan, yang akan membantu untuk membawa truk listrik heavy-duty ini meluncur di jalan-jalan umum dalam empat sampai lima tahun mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement