Rabu , 25 Oktober 2017, 16:00 WIB
Tokyo Motor Show 2017

Nissan IMx, SUV Listrik yang Bisa Menyetir Sendiri

Rep: Rossi Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra
trafficnews.jp
Nissan IMx
Nissan IMx

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Nissan IMx, mobil konsep crossover bertenaga listrik dengan nol emisi diperkenalkan di Tokyo Motor Show, Rabu (25/10). IMx menawarkan sistem swakemudi seutuhnya dengan jarak berkendara yang mencapai lebih dari 600 kilometer.

"Mobil konsep zero-emission crossover IMx ini mewujudkan masa depan Nissan Intelligent Mobility," kata Daniele Schillaci, Executive Vice President Nissan Motor Co., Ltd., untuk Global Marketing dan Sales, Zero-Emission Vehicles dan Battery Business, dalam keterangan yang disampaikan kepada Republika.co.id, Rabu (25/10).

Ia mengatakan, melalui Nissan Intelligent Mobility, Nissan berkomitmen untuk mengubah cara masyarakat dan mobil saling terhubung, serta bagaimana mobil berinteraksi dengan masyarakat dalam waktu dekat, dan seterusnya.

Inti dari fitur teknologi IMx adalah versi Propilot masa depan yang menawarkan operasi swakemudi seutuhnya. Saat mode berkendara Propilot dipilih, sistem ini mengarahkan kemudi ke dalam dasbor dan menyandarkan semua kursi, memberikan ruang yang lebih luas kepada pengemudi agar lebih santai dan menikmati perjalanan mereka.

Bila mode berkendara manual dipilih, kendaraan akan mengembalikan kemudi dan jok ke posisi semula, kendali kendaraan kembali kepada pengemudi. Mobil konsep zero-emission crossover IMx mengadopsi platform terbaru dari Nissan EV. Desain lantai kendaraannya rata, sehingga menghasilkan kabin yang luas.

IMx ditenagai sepasang motor listrik berkapasitas tinggi di bagian depan dan belakang, menjadikannya all-wheel-drive. Keduanya menghasilkan daya gabungan sebesar 320 kW dan torsi 700 Nm, bersumber dari baterai baru yang diklaim memiliki daya tempuh lebih dari 600 kilometer dengan satu kali pengisian baterai.