Sabtu , 21 October 2017, 05:46 WIB

Volvo Umumkan Mobil Listrik Polestar 1

Rep: Taufiq Alamsyah/ Red: Winda Destiana Putri
Mashable
The new polestar 1
The new polestar 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Volvo membuat komitmen besar awal tahun ini untuk menerapkan energI listrik di semua kendaraannya pada 2019. Saat ini produsen mobil tersebut akan makin memperluas kiprahnya dalam industri otomotif berbasis listrik dengan mengeluarkan model mobil terbarunya.

Volvo dan perusahaan induknya yang berasal dari Cina, Geely Holdings, baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menginvestasikan sekitar 755 juta dolar AS untuk membentuk perusahaan Polestar. Perusahaan yang akan fokus memproduksi kendaraan listrik tersebut rencananya akan berbasis di Cina.

Polestar akan difokuskan sebagai produsen kendaraan listrik berkinerja tinggi yang sepenuhnya dibiayai oleh Volvo Cars. Rencananya, Polestar akan diresmikan pada sebuah acara di Shanghai. Pada acara tersebut, produk perdana mereka, Polestar 1 akan diperkenalkan.

Mobil dengan dua pintu tersebut belu sepenuhnya berdaya listrk, melainkan masih hibrida. Diperkirakan, dalam sekali pengisian daya, mobil tersebut dapat berjalan sejauh 93 mil. Jarak tersebut memberikan jangkauan terjauh dibandingkan mobil hibrida manapun yang pernah ada.

Mobil ini memiliki bodi serat karbon dan Ohlins Continuously Controlled Electronic Suspension (CESi) yang memungkinkan pengemudi mengubah pengaturan dengan cepat untuk menyesuaikan kondisi jalan.

Polestar 1 juga memiliki sistem penggerak Electric Performance Hybrid yang memberikan tenaga sangat kuat pada kendaraan. Ketika mesin gasnya dipadamkan, mobil tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 600 tenaga kuda dan torsi 1000Nm.

Teknologi anyar yang disediakan oleh Polestar tidak tanggung – tangung. Mobil ini nantinya akan dilengkapi teknologi kunci melalui ponsel. Hal tersebut memungkinkan pengemudi berbagi kunci virtual dengan pihak ketiga. Sehingga memudahkan dalam melakukan parkir valet. Polestar 1 dijadwalkan mulai diproduksi di fasilitas baru Cina pada pertengahan 2019.

Sesuai namanya, Polestar 1 hanyalah yang pertama dari beberapa seri kendaraan yang direncanakan hadir. Selanjutnya adalah Polestar 2, yang mulai berproduksi pada pertengahan 2019.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mobil berukuran sedang ini akan menjadi kendaraan ful listrik pertama dari Volvo, yang ditujukan untuk bersaing dengan sedan Model 3 Tesla. Kendaraan ketiga, Polestar 3 rencananya adalah kendaraan jenis SUV yang sepenuhnya berbasis listrik, dilansir laman Mashable.



Sumber : Center