Jumat , 06 October 2017, 05:32 WIB

Tesla Rilis Truk Pertama, Ini Bocorannya

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Winda Destiana Putri
Mashable
Truk listrik Tesla.
Truk listrik Tesla.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan teknologi Tesla akan meluncurkan truk pertamanya pada tanggal 26 Oktober nanti. Produk otomotif ini digadang-gadang akan membuat gebrakan pada industri truk.
 
Sedikit gambaran mengenai truk telah dilihat oleh tim dari Electrek.co di lokasi uji coba mobil Tesla California. Tidak seperti truk pada umunya, truk Tesla nampak memiliki desain yang futuristik. Tidak ada logo Tesla yang terpampang pada badan truk. Namun bentuk truknya sendiri sudah menyajikan karakter Tesla secara kuat sebagai produsen teknologi super modern.
 
Dilansir laman Mashable, terdapat detail desain truk yang memiliki perbedaan signifikan dibandingkan truk yang sudah jamak dilihat masyarakat. Sebelumnya pada bulan April lalu, Tesla telah memberikan bocoran video produk kepada khalayak. Meski tidak ada logo, tetapi ciri - ciri truk terlihat seperti yang nampak pada video. Lampu depan dan spatbor sama persis, hidung truk seperti tidak memiliki mesin di dalamnya dan sudut kaca depan terlihat mirip dengan yang ada di video.
 
Foto yang diambil Electrek.co bukanlah foto pertama yang beredar di publik. Namun foto tersebut merupakan bukti yang paling meyakinkan sejauh ini. Belum banyak detail fitur truk yang diketahui. Analis memperkirakan bahwa truk ini dapat menjangkau perjalanan sejauh 200 sampai 300 mil untuk sekali pengisian energi listrik. Untuk harga, diperkirakan sekitar 100 ribu dollar AS. Sebuah laporan dari Reuters pada Agustus ini menyebutkan bahwa truk tersebut dapat bergerak secara otomatis tanpa pengemudi.

Bentuk truk didesain secara aerodinamis untuk mengurangi hambatan saat melaju. Dan dengan demikian juga akan menghemat bahan bakar. Perbedaan paling besar antara desain truk Tesla dengan hampir semua truk pada umumnya adalah pada kompartemen mesin. Bahkan juga jika dibandingkan dengan prototip mobil truk listrik buatan Cummins sekalipun.
 
Kompartemen mesin ini tentu saja tidak dibutuhkan pada sebuah truk listrik. Karena kemungkinan terletak pada roda seperti mobil listrik Tesla lainnya. Dengan menghilangkan kompartemen tersebut, desain Tesla akan lebiha erodinamis. Selain itu juga memberikan ruang yang lebih besar pada kabin pengemudi. Desain tersebut bertujuan untuk menjangkau pasar konsumen truk jarak jauh. Atau bahkan ruang ekstra tersebut juga bisa digunakan untuk penyimpanan baterai.

Berita Terkait