Rabu , 30 August 2017, 13:31 WIB

Truk Elektrik Tesla Mampu Menempuh 300 Mil

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Digitaltrends
Tesla akan hadirkan truk bertenaga listrik.
Tesla akan hadirkan truk bertenaga listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan depan, Tesla berencana merilis truk elektrik dengan kemampuan tempuh hingga 300 mil dalam satu kali pengisian daya. Menurut laporan Reuters, truk tersebut akan digunakan untuk komersil dalam jarak regional.

"Prototipe truk akan selesai bulan depan," ujar Chief Executive Officer (CEO) Tesla Elon Musk. Tesla Semi Truck akan menambah daftar kendaraan elektrik buatan Tesla.

Musk menjamin, baterai yang digunakan truk tidak kalah dengan bahan bakar minyak saat ini. Saat ini tangki bahan bakar truk konvensial bila terisi penuh bisa menempuh jarak hingga 1000 mil. Namun demikian truk Tesla tidak akan kalah meski menggunakan baterai. Executive Operator Ryder System Inc Scott Perry mengatakan, pihaknya akan bertemu dengan Tesla dalam waktu dekat untuk membahas soal teknologi truk.

Meski ada beberapa spekulasi mengenai spesifikasi, Tesla menanggapinya dengan tak banyak komentar. Terutama mengenai baterai sebagai sumber energi, Tesla hanya memberitahukan informasi bahwa para peneliti sudah mengembangkan teknologi baterai tersebut. Namun pihak Tesla tidak membocorkan perihal kemampuan baterai bertahan, atau harga yang dihabiskan untuk pengisian ulang daya baterai.