Kamis 05 Oct 2017 06:52 WIB

Kereta Otonom Pertama di Dunia Resmi Beroperasi

Rep: RETNO WULANDHARI/ Red: Winda Destiana Putri
Kereta Rio Tinto.
Foto: Sciencealert
Kereta Rio Tinto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan tambang asal Britania Raya, Rio Tinto, baru saja meluncurkan kereta kemudi otomatis atau kereta otonom. Kereta yang di daulat sebagai kereta otonom pertama di dunia ini telah resmi beroperasi di Australia Barat.

Perusahaan Rio Tinto yang juga mengembangkan kereta ini mengumumkan bahwa keretanya telah menyelesaikan misinya dengan menempuh jarak perjalanan hampir 100 km tanpa satu orang pun awak di atasnya. Misi yang dilakukan di salah satu wilayah operasi tambang Rio Rinto ini merupakan langkah besar dari rencana perusahaan yang ingin memiliki jaringan kereta otonom.

"Rio Tinto bangga menjadi pemimpin dalam inovasi dan teknologi otonom di industri pertambangan dunia. Dengan ini kami turut membangun masa depan pertambangan," ujar kepala eksekutif Rio Rinto Chris Salisbury dalam sebuah pernyataan dikutip Sience Alert.

Di awal 2017, kereta ini mulanya belum merupakan kereta dengan teknologi otonom sepenuhnya. 50 persen pengoperasiannya masih membutuhkan keberadaan kru kereta.

Pihak perusahaan berharap di akhir 2018 Rio Tinto sudah memiliki jaringan kereta otonom. Saat ini, Rio Tinto tengah mengupayakan untuk bertemu dengan pemerintah Australia untuk membicarakan kriteria keamanan dan keselamatan yang harus dipenuhi agar kereta dapat beroperasi sesuai ketentuan perundangan di negara tersebut.

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement