Kamis , 05 Oktober 2017, 08:50 WIB

Honda: Teknologi Mesin Vtec Turbo Makin Diterima Konsumen

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Honda
Honda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- All New Honda CR-V Turbo berhasil meraih penghargaan Forwot Car of The Year 2017 yang digelar oleh Forum Wartawan Otomotif di Jakarta). All New Honda CR-V Turbo terpilih sebagai mobil terbaik setelah mendapatkan poin tertinggi, sebanyak 149 poin, dari 32 mobil baru yang diluncurkan di Indonesia selama periode Agustus 2016 hingga Juli 2017.

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, Honda selalu menawarkan fitur-fitur inovatif pada setiap produk yang diluncurkan di Indonesia, salah satunya adalah mesin VTEC Turbo yang diterapkan pada All New Honda CR-V, dan rangkaian model Civic terbaru. "Gelar yang diterima Honda CR-V Turbo sebagai mobil terbaik, dan juga Honda Civic Turbo sebagai finalis menunjukkan bahwa teknologi mesin VTEC Turbo yang bertenaga namun lebih efisien ini semakin diterima oleh konsumen, dan pencinta otomotif di Indonesia," kata Jonfis dalam keterangannya kepada Republika.

Adapun penilaian untuk Forwot Car of The Year dilakukan oleh 26 juri yang terdiri dari wartawan otomotif dari media cetak, maupun online. Untuk menentukan mobil terbaik, para juri sebelumnya menetapkan lima mobil sebagai finalis. Selain Honda CR-V, model bermesin Turbo dari Honda lainnya, yaitu All New Honda Civic Turbo juga terpilih sebagai salah satu finalis.

Selain performa, kriteria penilaian pada ajang Forwot Car of The Year juga meliputi berbagai faktor termasuk desain, kenyamanan, pengendalian, fungsionalitas, kepuasan pengemudi, ramah lingkungan, nilai ekonomis hingga harga. Ajang Forwot Car of The Year sendiri telah berlangsung dari 2009. Sebanyak tujuh kali penyelenggaraan Forwot Car of The Year, produk-produk Honda mendominasi dengan meraih sebanyak empat gelar mobil terbaik, yaitu untuk Honda Brio (2012), Honda Jazz (2014), Honda HR-V (2015) dan Honda CR-V di tahun ini. 

Sebelumnya Forwot Car of the Year 2017 berhasil menghimpun 32 mobil benar-benar baru, bukan minor change, major change, dan penambahan varian, dari berbagai merek, mulai dari Jepang, Amerika hingga Eropa. "Forwot Car of the Year 2017 diselenggarakan untuk memberikan rekomendasi mobil-mobil terbaik yang diluncurkan dalam periode yang telah kami tentukan. Di sini, kami meninjau dan menimbang dari berbagai aspek untuk menilai mobil apa saja yang layak dan pantas masuk guna diadu dan keluar sebagai mobil terbaik," kata Wakil Ketua Umum Forwot, Zainal Abidin.

Dari 26 juri yang terlibat dalam pemilihan, mayoritas suara dijatuhkan pada lima model, berdasarkan abjad BMW i8, Honda Civic, Honda CR-V, Hyundai Tucson, dan Suzuki Ignis. Zainal mengatakan, proses penjurian mengacu pada "Car of the Year" dari Car of the Year Committe, yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa, namun telah disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif di Indonesia.