Sabtu , 29 April 2017, 00:41 WIB

Libur Panjang, PT KAI Daop 5 Tambah Gerbong Lagi

Rep: eko widiyatno/ Red: Budi Raharjo
Antara/Hafidz Mubarak A.
Penumpang kereta api Serayu dari Purwokerto tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (16/4).
Penumpang kereta api Serayu dari Purwokerto tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (16/4).

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Setelah dilakukan penambahan gerbong pada akhir pekan lalu, PT KAI Daop 5 Purwokerto kembali melakukan hal serupa pada libur akhir pekan kali ini. Hal ini dilakukan menyusul perkiraan akan meningkatnya jumlah penumpang, mengingat libur akhir pekan besok juga akan diikuti dengan libur Hari Buruh Internasional pada Senin (1/5).

''Penambahan gerbong penumpang ini kami lakukan untuk memaksimalkan kapasitas angkut KA agar bisa mengakomodir pelanggan-pelanggan pada saat ini belum kebagian tiket,'' jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Jumat (28/4).

Dia menyebutkan, ada tiga rangkaian KA penumpang yang dilakukan penambahan gerbong. Antara lain KA Purwojaya jurusan Cilacap-Gambir akan dilakukan penambahan gerbong pada 30 April hingga 2 Mei 2017. KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasarsenen akan dilakukan penambahan gerbong pada 28 April hingga 4 Mei 2017.

Selain itu juga KA Kamandaka jurusan Purwokero-Semarang, dilakukan penambahan gerbong pada 28 April sampai waktu yang belum ditentukan. Seluruh KA tersebut, mendapatkan tambahan 1 gerbong penumpang.

Meski telah dilakukan penambahan gerbong, Ixfan menyebutkan, dari pantauan rail ticket system (RTS), beberapa perjalanan KA rute mudik untuk tanggal tertentu sudah tidak menyisakan tiket lagi. Antara lain, ketersediaan tempat duduk untuk tanggal 28 April 2017, baik untuk KA eksekutif, bisnis dan ekonomi, seluruhnya sudah habis terjual.

Untuk tanggal 29 April 2017 hanya tersisa beberapa tempat duduk untuk KA eksekutif Purwojaya, sedangkan untuk 30 April 2017, baik KA eksekutif, bisnis dan ekonomo masih menyisakan tempat duduk separuh dari kapasitas.

Sedangkan untuk KA rute balik, tiket KA yang seluruhnya sudah habis adalah untuk tanggal 1 Mei 2017. Sedangkan untuk tanggal 2 Mei 2017, beberapa KA baik kelas eksekutif, bisnis maupun ekonomi masih menyisakan tempat duduk.