Rabu 13 Sep 2017 19:25 WIB

Honda Clarity Raih Jarak Jelajah Terjauh untuk Mobil Listrik

Rep: Rossi Handayani/ Red: Endro Yuwanto
Honda Clarity Electrik
Foto: theverge.com
Honda Clarity Electrik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mobil hybrid Honda Clarity Plug-In berhasil meraih nilai tertinggi untuk jarak jelajah mesin listrik (all-electric range) terjauh di kelas mid-size plug-in. Penilaian dilakukan oleh Environment Protection Authority (EPA) di Amerika Serikat.

Honda Clarity Plug-in mampu menempuh jarak sejauh 47 mil atau setara 75,6 km dalam sekali pengisian baterai penuh.

Dalam siaran yang diterima Republika.co.id, Honda Clarity Plug-In Hybrid, yang akan diluncurkan di Amerika Serikat di tahun ini, telah meraih rating 110 untuk efisiensi bahan bakar versi EPA. Dengan rating bahan bakar bensin sebesar 44/40/42 MPG, perhitungan kombinasi pengujian di area perkotaan, dan jalan bebas hambatan.

"Kombinasi antara mobil terdepan di kelasnya dengan rating all-electic range 47 mil yang dipadukan dengan mobil mewah, berkapasitas lima penumpang akan menjadi keunggulan Honda Clarity Plug-In di pasar mobil hybrid," kata Ray Mikiciuk, Assistant Vice President dari Honda Auto Sales, American Honda Motor, Rabu (13/9).

Ray melanjutkan, Honda Clarity Plug-In Hybrid merepresentasikan permulaan dari era baru, di mana Honda akan menjadikan teknologi elektrik menjadi hal yang umum di masyarakat melalui produk-produknya. Mobil Hybrid ini menggunakan mesin berkapasitas 1.5L Atkinson 4 silinder, untuk menghasilkan tenaga elektrik, yang pada keadaan tertentu dapat menjadi sumber tenaga langsung sehingga menghasilkan rating nilai EPA sebesar 340 mil.

Tenaga elektrik maksimal yang dapat dihasilkan adalah 181 HP dengan torsi 232 lb.-ft yang merupakan kombinasi mesin berbahan bakar minyak dan baterai 70 kWh, dengan waktu pengecasan hanya 2,5 jam untuk 240 volt.

Adapun Clarity Plug-In Hybrid mempunyai mode pengendaraan untuk memberikan kebebasan bagi pengendara menentukan mode berkendara yang sesuai, serta memaksimalkan efisiensi, dan performa berkendara. Mode pengendaraanya terdiri dari mode normal, econ, dan sport. Mode keempat, yakni HV mode disediakan untuk menjaga status baterai dan dapat dipilih bersamaan dengan mode normal, econ, dan sport.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement