Rabu , 13 September 2017, 14:21 WIB

Trakindo Luncurkan Grader Seri M

Rep: RIZKIYAN ADIYUDHA/ Red: Winda Destiana Putri
Dok: CAT
Cat 14M3
Cat 14M3

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Trakindo Utama meluncurkan Grader Caterpilar seri M generasi terbaru. Adalah Cat 14M3 dan Cat 18M3 yang dihadirkan untuk memberikan konsumen kebih banyak pilihan jajaran motor grader pertambangan Caterpilar.

"Alat berat ini didesain untuk meningkatkan produktivitas, mencapai biaya operasional yang lebih rendah yang aman dan mudah dioperasikan," kata Chief Supply Chain Officer PT Trakindo Utama, Heru Susanto di Jakarta, Rabu (13/9).

Motor Grader Cat 14M3 mengusung mesin Cat C13 sehingga menghasilkan daya dan torsi lebih tinggi hingga delapan persen. Cat 14M3 juga dilengkapi dengan mode ekonomis standar (ECO) yang membantu konsumsi bahan bakar hingga lima persen. Perpindahan transmisi juga lebih halus dengan adanya sistem strategi kontrol elektronik produktivitas tingkat lanjut.

Operator dapat memastikan keakuratan pengendalian unit melalui GEN 2 electro hydraulic steering valve. Fitur advanced control joystick membuat alat berat dapat dioperasikan secara efisien, produktif dan aman.

Di dalam kabin, operator memiliki daya pandang yang lebih luas dan dapat melihat ujung blade. Dari sisi keamanan, fitur keselamatan pada Cat 14M3 antara lain rear view camera untuk meningkatkan keamanan saat pengoperasian dengan memberikan pandangan ke bagian belakang alat berat serta memiliki torsi pengereman dinamis yang lebih besar sembilan persen.

Cat 14M3 hadir dengan struktur tangguh dengan pembesaran rangka dan plat lebih tebal untuk memastikan ketahanan jangka panjang. Alat ini memiliki interval penggantian oli lebih panjang yaitu mencapai 500 jam sehingga menghemat biaya perawatan unit. Perawatan atau perbaikan unit dapat diselesaikan secara cepat dan efisien karena area servis mudah diakses. Cat 14M3 merupakan grader 16 ft yang memiliki kompatibilitas dengan truk pertambangan Caterpillar berkapasitas 60 hingga 100 ton.

Sementara, Cat 18M3 memiliki kemampuan lebih dibandingkan generasi sebelumnya. Digerakkan oleh mesin Cat C13 yang menghasilkan daya lebih tinggi hingga 5 persen serta memenuhi standar emisi global setara Tier 2. Mode ECO pada Cat 18M3 dapat mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 4 persen.

Cat 18M3 memiliki beberapa fitur dan sistem yang sama dengan Cat 14M3, antara lain Strategi Kontrol Elektronik Produktivitas Tingkat Lanjut (Advanced Productivity Electronic Control Strategy atau APECS), GEN 2 electro hydraulic steering valve, advanced control joystick, dan torsi pengereman dinamis yang lebih besar 14 persen.

Selain itu, Cat 18M3 hadir dengan keunggulan yang sama dengan Cat 14M3, yaitu rangka yang lebih besar dan plat lebih tebal, interval penggantian oli yang lebih panjang hingga 500 jam serta area servis yang mudah diakses. "Cat 18M3 memiliki kompatibilitas dengan truk pertambangan Caterpillar berkapasitas 100 sampai 150 ton," kata Heru.

Sumber : Center