Senin 28 Aug 2017 10:15 WIB

Audi Manfaatkan Sinar Matahari untuk Mobil Listrik

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Audi
Audi

REPUBLIKA.CO.ID, Sinar matahari dapat segera menyalakan sistem pendingin ruangan, yang membuat pengendara tetap sejuk di dalam mobil. Audi telah bekerja sama dengan spesialis sel surya, Hanergy untuk mengembangkan panel surya film tipis untuk mobil listriknya.

Audi bekerja sama dengan Alta Devices, sub divisi Hanergy, untuk mengembangkan panel surya tipis yang bisa diintegrasikan ke dalam atap kaca panorama mobil. Panel canggih ini memiliki efisiensi lebih dari 25 persen, tipis dan fleksibel, sehingga bisa menggunakan banyak bentuk.

Panel ini diprediksi bisa menutupi seluruh permukaan atap mobil listrik untuk memanfaatkan listrik sebanyak mungkin, dan bahkan akan bekerja dalam cahaya rendah.

"Bersama dengan Hanergy, kami berencana untuk memasang teknologi surya yang inovatif di mobil listrik kami yang akan memperluas jangkauan mereka dan juga berkelanjutan," ujar anggota dewan Audi, Bernd Martens dilansir dari laman Digitaltrends.

Audi memprediksi untuk menggunakan listrik dari panel surya langsung ke baterai, guna membantu memberi tenaga pada motor listrik di masa depan. Teknologi panel surya masih perlu kemajuan, sebelum memungkinkan untuk mengisi sebuah mobil listrik. 

"Ini akan menjadi tonggak sejarah untuk mencapai mobilitas bebas emisi yang berkelanjutan", kata Martens.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement